Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Gowes ke Air Terjun Kedung Gender Kudus, Murah Meriah Bikin Ketagihan

MURIANEWS, Kudus – Kabupaten Kudus terkenal dengan wisata religinya, yakni makam Sunan Muria dan Sunan Kudus. Meski demikian, Kudus juga memiliki potensi wisata alam yang masih asri dan tak kalah indah dengan wisata alam di daerah lain.

Salah satunya berada di Desa Dukuhwaringin, Kecamatan Dawe, Kudus yang berada di lereng Gunung Muria. Di desa tersebut ada wisata alam Air Terjun Kedung Gender.

Air terjun ini kembali buka mulai Minggu (12/7/2020) hari ini, dan cocok bagi kamu yang suka gowes. Pasalnya, sepeda kesayangmu bisa dibawa masuk ke lokasi tanpa harus dititipkan di tempat parkir.

Di sana wisatawan akan disuguhi pemandangan alam yang sangat luar biasa. Jaraknya pun tak terlampau jauh hanya 19 kilometer dari pusat kota dan memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk sampai.

Dari tempat parkir menuju lokasi air terjun harus berjalan kaki sejauh 600 meter. Di perjalanan jalan kaki menuju ke lokasi air terjun sebelah kanan disuguhi oleh pemandangan sungai yang jernih dan pepohonan yang rindang.

Jembatan bambu jadi daya tarik untuk swafoto di jalur menuju Air Terjun Kedung Gender. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

Sebelah kiri juga terdapat tebing bebatuan dan pepohonan yang masih alami. Sebelum sampai air terjun ada juga jembatan bambu yang tampak klasik dan cocok digunakan untuk spot berfoto.

Sesampainya di lokasi, wisatawan dimanjakan dengan pemandangan air terjun yang jernih dan bebatuan alam yang besar. Air terjun tersebut memiliki ketinggian kuang lebih 20 meter yang dikelilingi tebing setengah lingkaran yang terbentuk karena terkikis air oleh proses alam.

Tak hanya bisa berfoto, wisatawan juga diperbolehkan untuk bermain air yang jernih dari aliran Air Terjun Kedung Gender. Semua yang disajikan di tempat ini bakal bikin ketagihan.

“Mulai hari ini Minggu (12/7/2020) sudah dibuka lagi, tapi sementara hanya dibuka di hari Minggu. Ada juga pembatasan maksimal 70 orang yang ada di sana (lokasi Air Terjun Kedung Gender),” kata Hasanudin, Ketua Pokdarwis Mutiara Hijau Desa Dukuhwaringin.

Untuk protokol kesehatannya, lanjut Udin, ada pengecekan suhu badan dan juga sarana prasarana cuci tangan. Selain itu, wisatawan juga diwajibkan memakai masker, berjaga jarak, dan tidak berkerumun.

Wisata Air Terjun Kedung Gender Desa Dukuhwaringin, Kecamatan Dawe, Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

Ia menyatakan untuk biaya masuknya hanya cukup merogoh kocek sebesar Rp 2 ribu per orang. Jika yang menggunakan sepeda dan ingin membawanya masuk juga diperbolehkan.

“Yang hobi gowes jika ingin masuk dengan sepedanya untuk satu orang plus sepeda masuknya Rp 3 ribu,” ucapnya.

Sementara untuk wisatawan yang datang juga bisa memilih paket wisata Desa Dukuhwaringin yang sudah disediakan oleh pengelola.

Wisatawan bisa memilih paket mulai dari Rp 30 ribu dan akan bisa menikmati beberapa wisata yang ada di sana, seperti Air Terjun Kedung Gender, wisata lebah, hingga UMKM yang ada di desa tersebut.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...