Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Peduli Covid-19, Anggota DPRD Jateng Beri Bantuan Puluhan UMKM di Pati

MURIANEWS, Pati – Anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah Endro Dwi Cahyono, memberikan bantuan kepada 52 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Pati yang terdampak Covid-19. Bantuan tersebut berupa bahan baku makanan untuk kemudian menjadi modal awal pengolahan.

Endro mengatakan, bantuan ini merupakan upaya pemerintah dalam menyelamatkan UMKM di masa pandemi. Selain itu juga untuk menjaga pergerakan store riil.

Apalagi, lanjutnya, UMKM berdasarkan data mampu menyerap tenaga kerja hingga 90 persen dari total angkatan kerja yang ada. Kemudian UMKM juga memberikan sumbangan produk domestik bruto (PDB) nasional pun hingga 60 persen.

“UMKM ini menjadi jaring pengaman untuk rakyat kita, yang memiliki pendapatan rendah, agar mereka tetap bisa produktif di masa-masa sulit saat ini. Karena itu, pemberian bantuan ini sudah sangat tepat,” ujarnya, Sabtu (11/7/2020).

Untuk menyelamatkan UMKM ini, pihaknya mengajak masyarakat untuk belanja di toko klontong terdekat. Kalau pun harus beli pulsa, sedianya membeli di kios-kios pinggir jalan.

“Bagi yang terbiasa dengan online, silahkan gunakan aplikasi online, ojek-ojek online untuk memesan makanan itu otomatis kita membantu agar para UMKM kita tetap bertahan,” lanjutnya.

Dalam penyerahan bantuan ini, pihaknya menggandeng dinas Koperasi dan UMKM Pati. Hal itu agar lebih tepat sasaran dan cepat dimanfaatkan oleh UMKM terdampak.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati melalui Kepala Bidang UMKM, Hendri Kristianto menyampaikan kondisi pandemi ini sangat berdampak pada pelaku UMKM. Mulai dari turunnya penjualan hingga susah mendapatkan bahan baku produksi.

Akibatnya, banyak pelaku UMKM yang berhenti produksi sehingga bertambah pinjaman.

“Tapi dengan tersalurkannya bantuan ini semoga bisa membuat kondsi ekonomi bagi UMKM di Kabupaten Pati bisa kembali normal,” kata Hendri.

Ia menambahkan, bantuan ini disalurkan lewat warung-warung Sampoerna Retail Community (SRC) yang ditunjuk Dinas Koperasi Dan UMKM Provinsi Jawa Tengah untuk memudahkan penyalurannya.

“Harapan kami dengan diterimanya bantuan ini bisa membuat pelaku UMKM yang terdampak adanya covid-19 bisa kembali normal dan berusaha dan bisa tercapai apa yang diharapkan,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...