Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

UMK Siapkan Sistem Perkuliahan Blended Learning New Normal

MURIANEWS, Kudus – Universitas Muria Kudus (UMK) menyiapkan sistem perkuliahan baru yakni blanded learning guna mempersiapkan era new normal.

Rektor UMK Suparnyo mengatakan, sistem perkulian baru ini merupakan kombinasi antara sistem pembelajaran offline dan online.

“Kami sudah rapatkan, untuk akademik perkuliahan berikutnya akan menggunakan blended learning,” katanya.

Untuk insensitasnya sementata sebagian besar tetap dilakukan secara daring sesuai kebijakan sistem pembelajaran di tengah pandemi Covid-19.

Namun, pihaknya menyatakan akan tetap memprioritaskan sistem perkuliahan offline setelah pandemi mereda. Karena sebagian masyarakat masih berasumsi bahwa yang namanya perkuliahan itu dilakukan dengan tatap muka.

“Banyak yang masih beranggapan kuliah itu masuk saat tatap muka saja. Makanya kita tetap lakukan pembelajaran tatap muka, sementara ini hanya mahasiswa bimbingan skripsi dan tesis dulu,” terangnya.

Selain itu, pihanya akan menambah kapasitas bandwidth di kampus UMK untuk memperlancar sistem pembelajaran secara daring.

“Saat ini kadang masih ada buffering atau loading saat banyak yang memakai. Jadi kami antisipasi dengan menambah bandwidth,” ucapnya.

Sementara Wakil Rektor 1 UMK Murtono mengatakan UMK saat ini memiliki lebih dari sepuluh ribu mahasiswa. Jadi penerapan blended learning ini harus membutuhkan persiapan teknis yang matang.

Untuk perkuliahan daring, lanjut Murtono, bisa dilakukan secara bervariasi. Dosen juga telah dibekali dengan studio rekaman dan live streaming di masing-masing program studi.

“Setiap program studi kami siapkan studio untuk dosen melakukan perkuliahan daring,” ucapnya.

Selain menggunakan studio, dosen juga bisa melakukan pembelajaran daring melalui aplikasi Zoom untuk paparan, ujian skripsi ataupun tesis.

“Kemarin sudah lakukan simulasi dan sudah berjalan beberapa bulan. Hasilnya berjalan dengan baik, harapannya saat akademik baru nanti bisa berjalan dengan lancar,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...