Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kasus Corona di Kudus Merata Tiap Kecamatan, Jati Paling Tinggi

MURIANEWS, Kudus –  Persebaran pasien corona di Kabupaten Kudus merata di semua kecamatan di kabupaten ini. Dari sembilan kecamatan yang ada, Kecamatan Jati tercatat mempunyai angka kasus yang paling banyak.

Yakni total ada 59 kasus corona di kecamatan ini. Kemudian disusul oleh Kecamatan Kota dengan 41 kasus corona.

Lalu di bawahnya ada Kecamatan Kaliwungu dengan 37 kasus, Kecamatan Bae 34 kasus, Kecamatan Jekulo 24 kasus, dan Kecamatan Undaan 22 kasus.

Sementara untuk tiga kecamatan lainnya, yakni Kecamatan Mejobo 19 kasus, Kecamatan Dawe ada 15 kasus dan Kecamatan Gebog 11 kasus.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kudus, untuk kasus kematian paling tinggi, adalah di Kecamatan Jati dengan tujuh kasus. Kemudian Kecamatan Kota enam kasus dan Kecamatan Bae lima kasus. Sementara yang paling rendah adalah Kecamatan Gebog satu kasus.

Untuk angka kesembuhan tertinggi juga berada di Kecamatan Jati dengan 21 kasus, kemudian Kecamatan Kota 15 kasus, dan Kecamatan Kaliwungu 11 kasus.

Juru Bicara GTPP Covid-19 Kudus Andini Aridewi mengatakan, untuk semua kasus kematian pasien corona di Kabupaten Kudus, keseluruhannya meninggal dengan penyakit penyerta.

“Belum ada kasus meninggal yang murni karena corona,” ucap Andini.

Sementara terkait kesembuhan pasien, salah satu faktornya memang bergantung dengan imunitas pasien tersebut. Selain faktor utamanya adalah penanganan yang tepat dari rumah sakit.

“Persentase kesembuhan juga makin tinggi apabila pasien tak memiliki penyakit penyerta,” jelas dia.

Andini menambahkan, di masa sekarang memang semua pihak berisiko terpapar corona. Mengingat banyaknya Orang Tanpa Gejala (OTG) yang masih berkeliaran. Kabupaten Kudus sendiri, kini tengah memantau sebanyak 303 OTG.

“Oleh karena itu kami tak hentinya mengingatkan supaya masyarakat tertib protokol kesehatan,” katanya.

Protokol kesehatan yang dimaksud adalah tetap menjaga jarak saat berada di kerumunan. Serta terus memakai masker ketika berada di luar rumah. “Jangan lupa rajin mencuci tangan dengan sabun,” jelas Andini.

Sampai saat ini, jumlah kasus corona di Kabupaten Kudus kini mencapai 354 kasus. Dengan rincian 262 kasus dalam wilayah dan 92 kasus luar wilayah.

Dari 262 kasus dalam wilayah tersebut ada 45 kasus dirawat, 89 kasus isolasi, sembuh 99 kasus, dan meninggal 28 kasus. Serta satu kasus isolasi.

Kemudian untuk kasus luar wilayah dari 92 kasus terdapat 11 kasus dirawat , 38 kasus isolasi, 33 kasus sembuh dan 9 kasus meninggal dan satu kasus isolasi.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...