Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tujuh Ruas Jalan di Kudus Bakal Dilengkapi Jalur Khusus Sepeda

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus tengah menyiapkan jalur khusus untuk sepeda di tujuh ruas jalan di kabupaten ini. Hal tersebut menyikapi melonjaknya tren bersepeda di tengah pandemi di Kabupaten Kudus.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kudus Abdul Halil mengatakan, jalan yang bakal dilengkapi jalur sepeda yakni Jalan Sunan Kudus segmen 2, Jalan Dr Ramelan, dan seputaran Simpang Tujuh Kudus.

Selain itu juga di Jalan Dr Loekmono Hadi di segmen satu dan dua, serta Jalan Ahmad Yani segmen satu dan dua.

“Jalan yang dipilih sesuai pertimbangan dari lebar luas jalan, dan ketersendatan lalu lintas. Sehingga lalin tidak terganggu. Jalan Sunan Kudus hanya di segmen 2 mulai dari Jembatan Kaligelis hingga Simpang Tujuh,” katanya, Jumat (10/7/2020).

Ia menyatakan, kajian tersebut dilandasi oleh Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Di dalamnya terdapat pasal 25 yakni setiap jalan yang digunakan untuk lalu lintas umum wajib dilengkapi perlengkapan jalan berupa fasilitas untuk sepeda, pejalan kaki, dan juga penyandang disabilitas.

“Di pasal 45 bahwa fasilitas penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan meliputi lajur sepeda. Selain itu ada juga di pasal 62 bahwa pemerintah harus memberikan kemudahan berlalu lintas bagi pesepeda,” terangnya.

Ia menyatakan, rencana itu saat ini sudah diajukan ke Plt Bupati Kudus HM Hartopo. Jika sudah dizinkan pihaknya akan merapatkan dengan dinas dan pihak terkait.

“Jika sudah diizinkan akan kami rapatkan dengan kepolisian dan dinas terkait lainnya, semoga tahun ini bisa terealisasi,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...