Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

UMK Gelar Wisuda Drive Thru Mulai 18 Juli, Tanpa Salaman Bisa Pakai Motor atau Sepeda

MURIANEWS, Kudus – Universitas Muria Kudus (UMK) akan menggelar wisuda dengan sistem drive thru untuk pertama kalinya. Hal tersebut dilakukan guna menghindari kerumunan massa di tengah pandemi Covid-19.

Selain itu ada juga hal yang harus diperhatikan wisudawan saat pelaksanaan wisuda drive thru itu. Secara umum proses wisuda hanya dilakukan penyerahan ijazah, dan wisudawan tetap memakai jubah serta toga yang biasa digunakan untuk wisuda.

Rektor UMK Suparnyo mengatakan, pelaksanaan wisuda dilakukan dalam beberapa sesi setiap hari Sabtu dan Minggu mulai 18 Juli hingga 26 Juli 2020.

“Akan ada sekitar 604 wisudawan yang mengikuti wisuda drive thru kali ini. Tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat,” katanya, Kamis (9/7/2020).

Untuk teknisnya para wisudawan harus dalam kondisi sehat tidak ada gejala sakit seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan ataupun gangguan pernapasan.

Selain itu ada beberapa check point seperti, penyemprotan disinfektan pada kendaraan, dan pengukuran suhu tubuh.

“Wisudawan dan pendamping juga diwajibkan memakai masker, cuci tangan menggunakan sabun atau handsanitizer sebelum datang, tidak bersalaman dan juga harus menjaga jarak,” terangnya.

Para wisudawan tidak harus menggunakan mobil untuk mengikuti wisuda sistem baru ini, karena mereka bisa menggunakan mobil, motor, bahkan sepeda. ”Untuk kendaraannya bisa memakai mobil, motor ataupun sepeda,” jelasnya.

Baca: UMK Bakal Gelar Wisuda Pakai Sistem Drive Thru

Kemudian untuk penyerahan ijazah, hanya para wisudawan yang diperbolehkan untuk turun dari kendaraan untuk melakukan pemindahan tali toga dan penyerahan ijazah. “Jadi hanya beberapa orang yang berkepentingan yang terlibat agar tidak berkerumun,” paparnya.

Sementara Wakil Rektor 1 UMK Murtono menambahkan, setiap satu sesi wisuda nanti ada sekitar 150 kendaraan bisa memasuki area UMK dengan rute yang sudah ditentutan.

“Kami sudah melakukan simulasi sebelumnya. Jadi tidak akan mengganggu jalan nanti,” terangnya.

Sementara para wisudawan nanti masuk dari pintu sebelah timur mengikuti rute yang sudah ditentukan, dan saat keluar kendaraan tidak diperbolehkan ke arah timur. “Jadi saat keluar langsung diarahkan ke arah barat,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...