Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Duh, Penerapan Protokol Kesehatan di Pasar Wage Pati Masih Minim

MURIANEWS, Pati – Minimnya kesadaran dalam menerapkan protokol kesehatan di Pasar Wage Desa/Kecamatan Margorejo, patut menjadi perhatian. Pasalnya, para pedagang dan pembeli di tempat tersebut masih ogah mengenakan masker.

Padahal, pengunjung pasar tersebut tidak hanya warga lokal Pati, tetapi dari berbagai daerah.

Kepala Pasar Wage Ari mengaku sudah menyiapkan semua kebutuhan penerapan protokol kesehatan. Mulai dari tempat cuci tangan lengkap dengan sabun hingga pemeriksaan suhu tubuh.

Namun, kesadaran penjual maupun pembeli untuk mencuci tangan sebelum masuk ke pasar masih minim. Bahkan hanya ada beberapa orang yang menggunakan masker.

“Sulit untuk membuat pengunjung pasar patuh terhadap protokol kesehatan. Padahal kami sudah menyiapkan semuanya,” kata Ari, Rabu (8/7/2020).

Padahal, lanjut Ari, sosialisasi juga sering dilakukan. Bahkan, berbagai peringatan juga sudah dilakukan. Mengingat, pasar ini juga buka setiap pasaran wage, yakni lima hari sekali.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati Edy Siswanto menyebut sosialisasi sudah tidak efektif lagi dilakukan.

“Saat ini sosialisasi tidak bisa lagi dilakukan. Akan tetapi lebih kepada penindakan bagi yang tidak patuh. Seperti dalam hal pemakaian masker misalnya,” terqng Edy.

Dia menekankan, harus ada tindakan tegas dari pihak pasar. Seperti pengunjung yang tidak menggunakan masker, tidak boleh masuk ke pasar.

“Sosialisasi sudah dilakukan sejak Maret hingga Juni. Semua orang sudah tahu. Namun kepedulian untuk mematuhi protokol kesehatan ini yang mesti ditegaskan,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...