Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Anggaran Penanganan Covid-19 di Jepara Dipertanyakan

MURIANEWS, Jepara – Gugus Tugas Penanganan (GTPP) Covid 19 Jepara mendapatkan banyak pertanyaan, saat menggelar acara dialog dengan media, TNI dan Polri.

Acara yang digelar di Ruang Rapat Diskominfo Jepara, Selasa (7/7/2020) tersebut, hanya mengundang media, TNI, dan Polri dengan tajuk Jumpa Pers. Namun dalam pelaksanaannya berbentuk acara sosialisasi.

Juru Bicara GTPP Covid 19 Jepara, dr M Fakhrudin dalam kesempatan tersebut menyampaikan beberapa penjelasan terkait dengan perkembangan pandemi Covid-19 yang terjadi di Jepara.

Bagaimana virus ini menular dan bagaimana seharusnya masyarakat menyikapi hal ini, disampaikan dalam kesempatan itu.

Pasi Intel Kodim 0719 Jepara, Kapten Inf Mukholik yang hadir mewakili Dandim 0719 Jepara, dengan berani menanyakan masalah anggaran yang ada di GTPP Covid-19 Jepara.

Pihaknya juga mengusulkan agar GTPP Covid-19 Jepara mengalokasikan anggaran operasional bagi kegiatan sosialisasi dan pengawasan penerapan protokol kesehatan di masyarakat.

“Sampai saat ini kami belum pernah mendapatkan dana operasional dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jepara. Meski demikian kami seluruh anggota Kodim 0719 tetap menjalankan tugas dan kewajiban dengan kesetiaan tinggi dan penuh tanggung jawab hingga tingkat desa,” ujar Kapten Mukholik, dalam kesempatan itu.

Menanggapi hal itu, dr M Fakhrudin menyatakan tidak bisa menjawab secara tegas mengenai hal ini. Menurutnya persoalan anggaran bukan menjadi kewenangannya sebagai Juri Bicara GTPP Covid-19.

Karena menyangkut kebijakan, dr M. Fahruddin meminta kepada Satlak BPBD Jepara yang juga hadir dalam acara itu, untuk menyampaikan usulan tersebut kepada Bupati Jepara selaku Ketua GTPP Covid 19 Jepara.

Sementara itu, Hadi Priyanto, salah seorang wartawan senior di Jepara menanyakan kenapa kajian dan rekomendasi DRD hingga saat ini belum dibicarakan. Padahal saat ini masyarakat sangat menunggu tindakan nyata dan secepatnya dalam penanganan pandemi Covid-19.

Hadi Priyanto, juga mempertanyakan sikap masih menunggu GTPP Covid-19 terhadap kinerja DRD ini apakah malah tidak kontraproduktif terhadap upaya penanganan yang menuntut harus dilakukan lebih cepat.

Juru Bicara GTPP Covid 19 Jepara, dr M Fakhrudin sendiri menyatakan hasil kajian dan rekomendasi DRD telah  disampaikan. Namun demikian memang belum ada pembicaraan lebih lanjut dari GTPP Covid-19 Jepara. Sampai saat ini masih dikoordinasikan hal itu akan dilakukan.

“Kami sedang mencari waktu untuk membicarakan terlebih dahulu dengan DRD,”  ujar dr M Fahruddin, singkat.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...