Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Warga Jepara Banyak yang Tak Rasakan Gempa, Getaran Justru Terasa Hingga Yogyakarta dan Mataram

MURIANEWS, Jepara – Gempa bumi yang terjadi pada Selasa (7/7/2020) pukul 05.54 WIB, menarik perhatian warga di sejumlah daerah.

Pusat gempa yang disebutkan berada di Barat Laut Jepara, bukan berarti harus membuat Jepara paling kuat terkena guncangannya.

Banyak warga di Jepara yang justru menyatakan tidak menyadari jika telah terjadi gempa bumi.

Baca: Jepara Diguncang Gempa 6,1 Magnitudo

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara Kusmiyanto, menyatakan berdasarkan data yang diperolehnya, gempa tersebut terjadi pada pukul 05.54.44 WIB.

Gempa tektonik ini berdasarkan analisa BBadan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memiliki parameter magnitude 6,1 skala richter.

Episentrum gempa disebutkan berada dpada kordinas 5,77 LS dan 110,64 BT di tengah Laut Jawa, kurang lebih 85 km arah Utara Mlonggo, Jepara, pada kedalaman 539 km.

Baca: BMKG Pastikan Gempa Jepara Tak Berpotensi Tsunami

Namun meski demikian memang banyak warga Jepara yang justru tidak merasakan gempa ini. Daerah-daerah selatan jawa seperti Purworejo, Kebumen, Yogyakarta, Blitar, Ponorog, Pacitan, Surabaya bahkan Mataram malah merasakan gempa ini.

“Kami sudah memastikan tidak ada dampak dari gempa yang muncul. Warga Karimunjawa yang melaporkan sempat merasakan gempa ini. Dari hasil koordinasi kami, gempa ini juga tidak berpotensi menimbulkan tsunami,” ujar Kusminyanto, Selasa (7/7/2020).

Dian Ardiansyah warga Bangsri menyatakan sama sekali tidak merasakan adanya getaran gempa. Pada jam kejadian yang disebutkan, dirinya juga sudah bangun pagi dan memulai beraktifitas.

Baca: Pusat Gempa Terjadi di Jepara, Desa Pule Rasakan Guncangan Paling Keras

Namun sejauh yang diingatnya, dirinya tidak menyadari adanya gempa ini. Hal yang sama juga terjadi pada tetangga-tetangganya.

Sedangkan Rida Agustina, warga Kuwasen menyatakan justru diberitahu sanak keluarganya yang ada di di Kebumen jika terjadi gempa.

Sanak keluarganya di Kebumen bahkan menyatakan gempa terasa sangat kuat. Sehingga banyak orang yang keluar rumah karena merasa takut.

“Saya malah tau diberi kabar sama saudara yang di Kebumen, jika di Jepara ada Gempa. Sejak subuh padahal saya juga sudah mulai beraktifitas. Tapi memang tidak terasa kalau ada gempa. Mungkin warga lain merasakan kali saja,” ujar Rida Agustina, Selasa (7/7/2020).

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...