Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Normalisasi Kali Gelis Kudus Tahap Dua Dimulai Agustus, Disiapkan Rp 95 Miliar

MURIANEWS, Kudus – Pengerjaan normalisasi Kali Gelis tahap dua bakal dilakukan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana bulan Agustus 2020 mendatang. Dengan rute dari Jembatan Ploso menuju muara dan Jembatan SMK Taman Siswa menuju Ring Road Utara Panjang, Kudus.

Pengerjaannya pun diperkirakan akan memakan waktu hingga 14 bulan. Sehingga diperkirakan rampung akhir tahun 2021 mendatang.

“Bisa selesai di bulan September atau Oktober tahun depan,” ucap Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) sungai dan pantai 1 BBWS Pemali Juana Dani Prasetyo, Senin (6/7/2020) sore.

Untuk saat ini, proyek tengah memasuki masa lelang. Dengan pagu anggaran pengerjaan mencapai Rp 95 miliar.

“Kemungkinan rampung Agustus kemudian langsung kontrak dan mulai digarap,” ujarnya.

Walau demikian, ada sejumlah permasalahan yang harus diurus pihaknya. Penyelesainnya, kata dia, melibatkan Pemerintah Kabupaten Kudus. Salah satu di antaranya adalah terkait Sertifikat Hak Milik (SHM) tanah yang akan dibangun tanggul di kanan kiri sungai.

“Ini nanti yang akan kami kaji, tentunya kami berharap bantuan Pemkab Kudus soal ini,” terangnya.

Selain itu, akses masuk lokasi normalisasi juga dirasa akan butuh solusi. Terlebih jika berada di daerah pemukiman padat. Seperti di daerah Jembatan SMK Taman Siswa.

“Jika memang harus melewati tanah SHM ya kami pertimbangkan nanti untuk solusinya bersama Pemkab,” lanjutnya.

Selain itu, Pemkab Kudus juga diharapkan mampu menyediakan lokasi pembuangan tanah yang dimungkinkan menapai 300 ribu kubik.

Dani menambahkan, selain digunakan untuk mencegah banjir, normalisasi Kali Gelis juga digunakan untuk mempercantik kondisi sungai.

“Karena sekarang normalisasi juga berkaitan dengan penataan tata ruang kota,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...