Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

71 Pasien Corona di Kudus Jalani Isolasi Mandiri, Dipantau Tim Medis Puskesmas

MURIANEWS, Kudus – Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kudus kembali mencatat adanya 14 kasus corona aktif baru di Kota Kretek. Sehingga total kasus corona aktif di Kudus kini mencapai 171 kasus.

Dari jumlah tersebut, 118 di antaranya merupakan warga Kabupaten Kudus. Sementara 53 sisanya merupakan kasus yang berasal dari luar wilayah, namun dirawat di Kudus.

Juru Bicara GTPP Covid-19 Kudus dokter Andini Aridewi mengatakan, 71 orang masyarakat Kudus yang terpapar corona kini tengah menjalani isolasi mandiri.

Mereka dianggap memenuhi persyaratan untuk melakukan hal tersebut. Sejumlah syarat yang harus dipenuhi, kata dia, di antaranya tidak memiliki penyakit penyerta serta tidak memiliki gejala atau orang tanpa gejala (OTG).

“Tentunya dengan monitoring dari Puskesmas setempat,” kata Andini Sabtu (4/7/2020) pagi.

Sementara sisanya, yakni 47 warga Kota Kretek dan 53 warga daerah lain tengah menjalani isolasi perawatan di sejumlah rumah sakit rujukan di Kudus.

Kasus corona di Kabupaten Kudus sendiri, kata dia, tengah mengalami kenaikan akibat tracing pada kontak erat pasien positif. Selain itu, pengoperasian mesin RT-PCR milik RSUD Loekmono Hadi juga jadi faktor pendorong cepatnya pendeteksian OTG.

“Dua faktor tersebut jadi alasan mengapa kasus di Kudus naik,” lanjut dia.

Soal penanganan corona di Kabupaten Kudus, Andini mengatakan Pemkab Kudus terus berupaya secara maksimal dalam melakukan upaya tracing, testing, dan treatment pada kontak erat ataupun pasien corona yang dirawat di Kudus.

“Dengan harapan angka kesembuhannya naik, angka penularan dan kematiannya menurun,” ujarnya.

Sejumlah rumah sakit rujukan, juga telah menambah ruang isolasinya. Itu dilakukan karena Kudus sendiri merupakan rujukan penanganan corona di Jawa Tengah.

Sementara secara akumulatif, hingga berita ini diturunkan, kasus corona di Kabupaten Kudus kini mencapai 275 kasus. Dengan rincian 195 kasus dari dalam wilayah, dan 80 kasus luar wilayah.

Untuk rincian kasus dalam wilayah, dari 195 kasus, terdapat tersebut 47 kasus dirawat, 71 kasus isolasi mandiri, sembuh 60 kasus dan meninggal 17 kasus.

Sedangkan dari luar wilayah dari 80 kasus terdapat 53 kasus dirawat, enam isolasi mandiri, 17 kasus sembuh dan empat kasus meninggal.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...