Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

DPRD Jateng Nilai Prinsip Jogo Tonggo Masih Relevan untuk Hadapi Pandemi

MURIANEWS, Kudus – Anggota Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah Mawahib Afkar menilai, konsep Jogo Tonggo masih relevan diterapkan di era sekarang dalam penanganan pandemi corona. Terutama di seputaran wilayah Jawa Tengah.

Hal tersebut, kata dia, berkaitan dengan kurva penularan corona di Jawa Tengah yang masih merangkak naik.

“Prinsip ini masih relevan diterapkan di era yang sekarang,” ucap dia saat berkunjung ke Pendapa Kabupaten Kudus dalam rangka penyerahan Jogo Tonggo Kit, Jumat (3/7/2020).

Mawahib menyebut, dalam prinsip Jogo Tonggo sendiri masyarakat bisa saling menjaga satu sama lain. Sehingga penularan corona di lingkungan tinggal bisa diminimalisir.

“Kami godok ini bersama teman-teman Dinas Kesehatan, kami rencanakan kit-kit ini untuk lebih mengaktifkan Jogo Tonggo,” katanya.

Dalam kit tersebut, lanjut dia, berisikan sepuluh set APD sipil, sepuluh pasang sarung tangan dan sepatu boots, alat penyemprot otomatis satu buah, hand sanitizer 50 liter, cairan disinfektan 30 liter, kemudian masker kain 1.000 buah.

“Ada juga satu buah thermo gun dan satu paket modul tentang penanganan Covid-19,” jelas dia.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan, progam Jogo Tonggo sendiri digunakan untuk memutus mata rantai penularan corona di lingkungan tinggal.

Selain itu, lanjut dia, Jogo Tonggo juga dilakukan untuk menghentikan transmisi lokal. Serta mengubah perilaku masayarakat untuk hidup yang sehat bersih. “Inilah tujuan dari prinsip Jogo Tonggo tersebut,” ucap dia.

Sejumlah langkah dalam Jogo Tonggo, tambahnya, adalah seperti deteksi dini. Dalam artian, pihak desa mendata golongan-golongan yang rentan tertular. Seperto balita, lansia, dan ibu hamil.

“Kemudian ditingkatkan imunitasnya, ini juga berlaku untuk semua masyarakat,” lanjutnya.

Salah satu cara yang mampu meningkatkan imunitas, sambungnya, adalah dengan menjaga hidup yang bersih dan sehat. Mulai dari makan-makanan bergizi, hingga rajin mencuci tangan dengan sabun.

“Jika sudah terbiasa maka imunitas akan tinggi, sehingga bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit, termasuk corona ini,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandahana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...