Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Biduan Ayu Vaganza Diusulkan Jalani Rehabilitasi Narkoba

MURIANEWS, Kudus – Biduan dangdut Ayu Vaganza ditangkap Polres Kudus karena mengonsumsi obat terlarang jenis inex. Ia akan dijerat dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkoba dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara.

Meski demikian, DPC Gerakan Rakyat Anti Madat (GERAM) Kabupaten Kudus mengusulkan agar pedangdut Ayu Vaganza untuk direhabilitasi. Dengan syarat jika Ayu bukan bagian dari jaringan pengedar narkoba.

Ketua DPC GERAM Kudus Abdul Muchid tetap menyayangkan adanya salah seorang pedangdut yang terjerumus dalam narkotika. Menurut dia, setiap pengguna obat terlarang memiliki alasan berbeda-beda hingga bisa masuk kedalam dunia narkotika.

“Alasan dan motifnya harus dipelajari dulu. Karena memang sepi job atau malah sudah profesinyai,” katanya, Kamis (2/7/2020).

Ia menyatakan, jika Ayu Vaganza hanya sebatas pemakai, pihaknya mengusulkan agar aparat melakukan rehabilitasi dulu.

“Kalau memang hanya sebatas pemakai sebaiknya direhabilitasi saja dulu,” jelasnya.

Namun, akan berbeda jika setelah didalami yang bersangkutan merupakan salah satu bagian dari sindikat pengedar narkoba.

“Tapi jika bagian dari sindikat pengedar ya sebaiknya diproses sesuai aturan yang berlaku,” terangnya.

Baca: Biduan Ayu Vaganza Ditangkap Bareng Laki-Laki di Rumah Kontrakan, Ditemukan Inex

Menurutnya tren pengguna narkoba saat ini menunjukkan kecenderungan yang meningkat karena banyak orang yang kesulitan di tengah pandemi.

“Trennya saat ini memang meningkat makanya kami bentuk relawan anti narkotika di tingkat desa se-Kabupaten Kudus,” katanya.

Sementara untuk relawan antinarkotika yang sudah terbentuk saat ini, ada di lima kecamatan di Kabupaten Kudus yakni Kecamatan Jekulo, Mejobo, Kota, Dawe dan Kecamatan Bae.

“Bulan Agustus nanti insyaallah sudah terbentuk semua relawan antinarkotika se- Kabupaten Kudus,” tandasnya.

Baca: Biduan Ayu Vaganza Pakai Inex karena Sepi Job, Ditahan Jadi Kado Ultah Menyakitkan

Diberitakan sebelumnya biduan dangdut Andita Ayu Nilasari (AA) alias Ayu Vaganza (23) asal Tlogomulyo, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang ditangkap jajaran Polres Kudus. Ia kedapatan tengah mengonsumsi obat terlarang jenis inex.

Ayu ditangkap bersama seorang laki-laki yang bernama Wahyu Riyanto (WR) (30) warga Desa Welahan, Kecamatan Welahan, Jepara. Dan penangkapan dilakukan di rumah kontrakan di Desa Dersalam, Bae, Kudus Selasa (30/6/2020) lalu.

Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma mengatakan, penangkapan berawal dari adanya informasi dari masyarakat, bahwa Ayu seing melakukan transaksi pembelian narkotika jenis inex.

Kini Ayu bersama teman laki-lakinya itu harus berurusan dengan hukum. Apalagi saat penangkapan polisi berhasil menemukan barang bukti berupa satu bungkus platisk klip yang berisi lima butir inex.

“Kedua tersangka kami jerat dengan pasal 112 ayat 1 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 dengan ancaman hukuman minimal empat tahun dan maksimal 12 tahun penjara,” pungkasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...