Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Update Corona Grobogan 2 Juli: Total 114 Kasus, 17 Meninggal

MURIANEWS, Grobogan – Kasus positif virus corona atau Covid-19 di Grobogan masih saja bertambah. Kamis (2/7/2020) hari ini, ada empat orang yang dipastikan terkonfirmasi positif corona.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Grobogan Endang Sulistyoningsih mengatakan, dari empat kasus baru ini, tiga di antaranya berasal dari satu desa di Kecamatan Toroh. Yakni, pasien usia 50, 67, dan 72 tahun. Satu lagi adalah pasien usia 33 tahun dari Kecamatan Karangrayung.

“Keempat orang ini semuanya dirawat di RSUD Purwodadi. Penambahan kasus baru ini ada kaitan dengan kasus sebelumnya,” katanya, Kamis (2/7/2020).

Menurut Endang, selain penambahan kasus baru, pada hari ini ada satu pasien lama yang meninggal dunia. Yakni, perempuan usia 64 tahun dari Kecamatan Toroh.

Dengan tambahan tersebut, total positif corona di Grobogan sudah ada 114 kasus. Rinciannya, 17 meninggal, 35 sembuh dan 62 masih dirawat.

Adanya empat pasien terbaru ini maka pada bulan Juli ini sudah ada lima kasus yang muncul. Sementara pada bulan Juni, totalnya ada penambahan 88 kasus baru. Sedangkan hingga akhir Mei lalu, baru ada 21 orang yang terkonfirmasi positif corona.

Menurut Endang, salah satu faktor yang menyebabkan adanya kenaikan kasus positif Covid-19 terkait dengan pelaksanaan rapid test massal.

Dari pelaksanaan kegiatan ini, ada cukup banyak yang hasilnya reaktif. Kemudian, mereka yang reaktif rapid test itu dilakukan uji swab untuk memastikan kondisinya terpapar Covid-19 atau tidak.

Dari hasil uji swab itulah akhirnya diketahui jika ada sebagian diantaranya yang dipastikan terkonfirmasi positif Covid-19.

“Selain itu, penambahan kasus itu juga didapatkan dari hasil tracking terhadap kontak erat kasus sebelumnya,” imbuhnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...