Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Mulai Besok Kereta Reguler Jarak Jauh Kertajaya Beroperasi Lagi

MURIANEWS, Grobogan – Warga Grobogan yang akan bepergian ke Surabaya atau Jakarta kini punya kesempatan lagi untuk menggunakan jasa transportasi kereta api. Hal ini menyusul kebijakan PT KAI untuk mengoperasikan lagi KA reguler jarak jauh Kertajaya tujuan Surabaya (Pasar Turi) – Jakarta (Pasar Senen).

Kereta jarak jauh ini nantinya juga akan singgah di Stasiun Ngrombo, Grobogan. Sebelumnya, layanan KA Kertajaya ini sempat terhenti akibat pandemi virus corona.

Selain Kertajaya, PT KAI juga mengoperasikan kembali kereta reguler lokal kawasan aglomerasi KA Joglosemarkerto pada bulan Juli ini.

Kereta dengan rute Solo Balapan- Yogyakarta lewat Semarang Tawang, Tegal dan Purwokerto ini juga melintasi wilayah Grobogan melalui Stasiun Gundih.

Manajer Humas KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro mengungkapkan, untuk perjalanan KA Kertajaya maupun Joglosemarkerto belum dilakukan tiap hari. Tetapi, hanya tiga hari dalam satu pekan. Yakni, hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Menurutnya, pengoperasian kembali perjalanan kereta-kereta tersebut sebagai wujud komitmen PT KAI untuk melayani masyarakat yang ingin bepergian atau beraktivitas keluar kota dengan menggunakan kereta api, dan tetap konsisten dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

“Sejak 8 Juni 2020, PT KAI Daop 4 Semarang sudah menjalankan KA reguler sebanyak 18 perjalanan, baik KA jarak jauh maupun KA Lokal. Dan mulai bulan Juli ini setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu akan dijalankan KA Kertajaya dan KA Joglosemarkerto. Sehingga total ada sejumlah 25 perjalanan KA di wilayah Daop 4 Semarang,” katanya, Kamis (2/7/2020)

Dijelaskan, adapun ketentuan untuk KA jarak jauh adalah menunjukkan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif atau surat keterangan uji rapid test dengan hasil nonreaktif yang berlaku 14 hari pada saat keberangkatan. Atau menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit/puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas test PCR dan/atau rapid test.

Kemudian, calon penumpang diminta mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi pada perangkat seluler. Selain itu, khusus bagi calon penumpang yang akan bepergian dari dan menuju Provinsi DKI Jakarta, diharuskan memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) DKI Jakarta.

Sedangkan untuk KA yang termasuk kereta api lokal atau yang digolongkan sebagai perjalanan orang di dalam wilayah/kawasan aglomerasi seperti KA Kamandaka, Joglosemarkerto tidak perlu surat keterangan uji tes PCR atau rapid test.

Secara umum, setiap penumpang KA jarak jauh maupun lokal diharuskan dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, wajib menggunakan masker, dan menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket.

Jika saat proses boarding penumpang kedapatan tidak memenuhi ketentuan tersebut, maka tidak diperkenankan melakukan perjalanan dan tiket dapat dibatalkan dengan pengembalian bea penuh.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...