Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Warga Kudus Diimbau Tak Sembelih Ternak Betina Produktif untuk Kurban

MURIANEWS, Kudus – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus mengimbau warga agar tak menyembelih hewan ternak betina produktif, termasuk untuk kurban. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga populasi hewan ternak dan juga ketersediaan daging di Kudus.

Kasi Produksi dan Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus Sidi Pramono mengatakan, pihaknya melarang penyembelihan hewan ternak betina produktif seperti sapi, kerbau, dan juga kambing.

“Ini kan menjelang Idul Adha, jadi saya imbau untuk tidak menyembelih hewan ternak betina yang masih produktif,” katanya Rabu (1/6/2020)

Ia mengaku imbauan larangan tersebut karena khawatir jika hewan ternak betina produktif digunakan berkurban, hewan tersebut dalam kondisi hamil.

“Menjelang Idul Adha, selain mengecek kesehatan hewan ternak secara rutin, kami juga selalu mengimbau warga Kudus agar tidak menyembelih hewan betina yang produktif agar populasinya tetap terjaga,” jelasnya.

Selain itu pihaknya juga berbagi ciri-ciri atau tips memilih hewan kurban yang sehat. Seperti, jika dilihat dari mata harus cerah dan jernih, hidungnya berair tapi sedikit, duburnya kering dan juga bulunya terlihat mengkilat tidak kusam.

“Misal dubur basah biasanya itu diare, kalau bisa dihindari. Selain itu juga hewan tidak cacat secara fisik seperti pincang dan juga tidak terdapat scabies (penyakit gatal),” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...