Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dewan Soroti Banyaknya Laporan Kasus PTSL di Pati 

MURIANEWS, Pati – Banyaknya laporan kasus terkait Program Tanah Sitemik Lengkap (PTSL) di Kabupaten Pati, menjadi catatan tersendiri bagi Komisi A DPRD setempat. Apalagi, itu adalah program dari pusat yang semestinya harus dikawal.

Ketua Komisi A DPRD Pati Bambang Susilo mengatakan, saat ini ada banyak laporan hukum terkait penyelenggaraan PTSL ini. Sehingga, pihak kabupaten harus benar-benar membantu agar tidak terjadi masalah.

“Kalau ada program pemerintah pusat dan itu dianggap rawan, harus ada campur tangan pemerintah kabupaten sehingga tidak ada masalah,” katanya.

Ia menyebutkan, di beberapa desa diakui memang sudah ada yang menerbitkan peraturan desa (perdes) terkait pungutan PTSL. Bahkan pihaknya juga sudah meminta keterangan kepada Bagian Hukum Setda Pati.

“Dari keterangannya, karena itu program pemerintah pusat, sehingga pihak Kabupaten Pati tidak bisa masuk di dalamnya. Tetapi karena ini kaitannya dengan perdes, ya harus ada intervensi,” imbuh Bambang.

Dia juga menekankan, apabila ada campur tangan kabupaten dalam program PTSL itu, masalah yang sampai ke ranah hukum tentunya bisa diminalisir.

Sampai saat ini, memang tidak ada masyarakat yang datang lalu meminta audiensi dengan dewan terkait PTSL. Ia menilai masyarakat sudah faham bahwa hal tersebut bukanlah ranah dewan.

“Seandainya (kasus PTSL) belum ke ranah hukum, ya kita bisa memediasi dengan memanggi pihak terkait,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...