Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ada Perbaikan Pipa Bocor di Jalan Gajah Mada Purwodadi, Pasokan Air PDAM Dihentikan Lima Jam

MURIANEWS, Grobogan – Pembongkaran ruas Jalan Gajah Mada Purwodadi dilakukan oleh pihak PDAM Grobogan, Selasa (30/6/2020). Tindakan ini dilakukan menyusul adanya kebocoran pada pipa transmisi utama di lokasi tersebut.

Dari pantauan di lapangan, pembongkaran dilakukan di ujung timur Jalan Gajah Mada pada sisi selatan. Satu alat berat dikerahkan untuk mempercepat pembongkaran beton jalan.

Adanya aktivitas pembongkaran ini tidak sampai mengganggu arus lalu lintas. Soalnya, pada saat ini, ruas Jalan Gajah Mada di sisi selatan sedang ada proyek perbaikan, sehingga tidak dilalui kendaraan.

Selama masa perbaikan, semua jenis kendaraan yang lewat Jalan Gajah Mada dialihkan di sisi utara.

Direktur PDAM Grobogan Bambang Pulunggono menyatakan, dukungan alat berat diperlukan karena lokasi pipa berada pada kedalan sekitar 2,5 meter. Selain itu, lapisan di bawah beton sudah tertutup aspal tebal, sehingga cukup menyulitkan jika dibongkar secara manual.

Dia menjelaskan, pembongkaran jalan itu dilakukan seiring adanya genangan air di ujung timur Jalan Gajah Mada tersebut yang berasal dari pipa bocor. Untuk menangani pipa bocor itulah perlu dilakukan pembongkaran.

Setelah dibongkar, penyebab kebocoran akhirnya diketahui. Yakni, adanya gibault joint atau klem penyambung pipa yang bergeser, sehingga ada celah yang menyebabkan keluarnya air.

Diperkirakan bergesernya klem ini akibat dampak tekanan kendaraan berat yang biasa lewat di Jalan Gajah Mada.

“Ada tiga gibault yang akan kita ganti sekaligus biar aman. Nantinya, di atas pipa akan kita akan pasang beton U-ditch sebagai pelindung tekanan kendaraan berat yang lewat di Jalan Gajah Mada. Perlu diketahui, pipa ini sudah dipasang sejak lama, sekitar tahun 1978 pada saat awal PDAM berdiri,” kata Bambang di lokasi pembongkaran.

Dampak pembongkaran jalan untuk perbaikan pipa bocor menyebabkan pasokan air ke rumah ribuan pelanggan PDAM terhenti. Yakni, pelanggan di sekitaran Jalan Gajah Mada dan wilayah kota bagian barat.

Sedangkan pelanggan di wilayah lainnya masih teraliri air meski pasokannya tidak bisa maksimal.

“Saat proses pemasangan gibault pasokan air dihentikan maksimalnya sampai lima jam. Sebelumya, sudah kami beritahukan pada pelanggan soal terhentinya aliran air karena ada perbaikan pipa. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” jelas Pulunggono.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...