Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Janda Bolong Variegata, Monstera Dua Warna yang Harganya Menggila

MURIANEWS, Kudus – Belakangan ini ada salah satu jenis tanaman yang tengah naik daun. Setelah dulunya gelombang cinta yang konon harganya mencapai ratusan juta rupiah, kini muncul monstera atau yang biasa sering disebut janda bolong.

Nama monstera sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu monstrous atau berarti abnormal. Itu karena bentuk daun monstera yang tidak seperti daun normal pada umumnya, ada robekan dan lubang di daunnya.

Justru lubang-lubang pada daun janda bolong ini yang bikin istimewa. Berdasarkan varietasnya, monstera dapat dibagi menjadi dua yaitu berdaun hijau dan variegata.

Varietas yang kedua ini yang tengah jadi buruan dan harganya menggila. Jika janda bolong umumnya mempunyai daun warna hijau, variegata mempunyai dua kombinasi warna. Ada yang hijau dengan kuning dan kadang hijau dengan putih.

Monstera variegate inilah yang kini jadi buah bibir pada pecinta tenaman hias. Dengan bentuk daun yang unik dengan lubang – lubang atau sobekan menjadi daya tarik sendiri bagi pecinta tanaman.

Di media sosial Facebook belakangan juga dihebohkan dengan salah satu postingan berlokasi di Bogor yang menjual tanaman janda bolong seharga Rp 75 Juta.

Dan ternyata harga sebesar ini masih dianggap wajar. Di marketplace atau e-commerce bahkan ada yang menjual hingga Rp 200 juta.

Tangkapan layar harga monstera variegata yang capai ratusan juta rupiah. (MURIANEWS)

Melihat hal tersebut, MURIANEWS mencoba menemui salah satu penggiat tanaman asal Kudus yakni Fahrur Rozi (45). Diceritakannya memang saat ini jenis tanaman monstera tengah naik daun.

Ia menjelaskan sejak Maret 2020 lalu, janda bolong tengah jadi buruan. Ia menyebut, monstera sendiri ada beberapa jenis. Seperti monstera adansoni, monstera deliciosa, monstera obliqua dan monstera borsigiana.

“Masih banyak lagi jenis- jenis tanaman monstera lain. Itu hanya beberapa saja. Yang saya tahu terakhir di pasaran harga monstera obliqua yang dari Peru bisa sampai Rp 90 juta,” katanya Senin (29/6/2020).

Menurutnya, jenis monstera dengan dua warna yang saat ini tengah banyak dicari orang itu jenis monstera variegata. Munculnya dua warna di daun variegate itu, karena kekurangan zat klorofil daun.

Monstera Borsigiana Variegata (FB @AaronJaejun Greenfingers)

“Semua jenis tanaman bisa seperti itu jika kekurangan klorofil daun, bisa putih bisa juga kekuningan. Kalau di hewan biasa disebut dengan albino. Justru dengan kelainan tersebut, harganya bisa menjadi mahal,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, variegata tersebut ada yang alami ada juga yang buatan. “Ada yang secara alami memang kekurangan klorofil ada juga yang buatan menggunakan bahan kimia, sehingga tanaman itu bisa menjadi variegata,” jelasnya.

Monstera sendiri, lanjut Rozi, merupakan tanaman hutan yang merambat. Perawatannya pun tergolong mudah.Sementara terkait harga yang melambung tinggi saat ini hukum permintaan dan penawaran pun berlaku.

“Yang sangat memengaruhi ya memang hukum pasar. Di mana banyak peminat namun barangnya tergolong susah pasti akan tinggi hargannya,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...