Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Satu Tahanan Positif Corona, Rutan Kudus Siapkan Ruang Isolasi Khusus

MURIANEWS, Kudus – Pihak Rumah Tahanan Negara (Rutan) IIB Kudus mulai memperketat skrining warga binaan yang ada di dalam rutan. Ini dilakukan usai satu tahanan dari Kejari Kudus yang akan dititipkan di rutan diketahui positif corona.

Kepala Subsi Pelayanan Tahanan Rutan IIB Kudus Eko Budihartanto mengatakan, untuk mencegah penularan, pihaknya terus melakukan pengetatan protokol kesehatan.

“Kami perketat terus, usai adanya tahanan yang positif corona kemarin,” ucap dia Senin (29/6/2020) siang.

Satu sel khusus isolasi pun sudah disediakan pihaknya. Skrining suhu tubuh juga rutin dilakukan guna menekan sekecil mungkin angka penularan corona di dalam rutan.

Apabila ditemukan warga binaan ataupun tahanan yang ditemukan bersuhu badan tinggi hingga memiliki gejala flu, maka akan segera ditempatkan di ruang isolasi. Ruangan tersebut berada di bangunan paling pojok. “Jauh dari tahanan-tahanan lainnya,”ujarnya.

Untuk penerimaan tahanan baru, lanjut dia, pihaknya juga hanya menerima yang kasusnya sudah ada putusan saja. Kemudian mereka diwajibkan untuk melakukan rapid test.

“Protokolnya memang seperti itu, harus putusan dulu, ada aturannya,” terangnya.

Sementara hingga kini, pihak rutan sendiri telah menerima setidaknya sembilan tahanan baru. Mereka kemudian diminta untuk mengganti baju dari luar guna menghindari droplet virus.

“Semua protokol kesehatan kami perketat, kami tidak ingin kecolongan,” jelas dia.

Diberitakan sebelumnya, satu tahanan di Kabupaten Kudus terkonfirmasi positif corona. Tahanan tersebut, diketahui positif usai menjalani rapid test saat akan dipindahkan dari Polres Kudus menuju Rutan IIB Kudus.

Kajari Kudus Rustriningsih mengonfirmasi jika tahanan yang terkena corona tersebut merupakan tahanan kasus perjudian. “Sudah diisolasi, kini tahanannya diisolasi,” kata Rustriningsih.

Semua pengantar tahanan beserta tahanan lainnya, lanjut dia, juga telah dilakukan tes swab, dengan bantuan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus. Hasilnya, hanya satu tahanan tersebut yang positif.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...