Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dua Pedagang Positif Corona, Pasar Glendoh Purwodadi Ditutup Dua Pekan

MURIANEWS, Grobogan – Aktivitas di Pasar Unggas Glendoh yang berlokasi di Jalan R Suprapto Purwodadi, Grobogan ditutup sementara waktu. Penutupan itu dilakukan menyusul adanya pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19, bahkan salah satunya sudah meninggal dunia.

Dari pantauan MURIANEWS di lokasi, tampak ada spanduk berukuran 2×2 meter yang dipasang pada pintu masuk dan di tengah pasar unggas. Spanduk yang dipasang Dinas Perindustrian dan Pedagangan Grobogan itu berisi pengumuman penutupan pasar mulai 27 Juni 2020 sampai 14 hari ke depan.

Meski penutupan pasar dimulai Sabtu (27/6/2020) hari ini, namun masih tampak aktivitas sejumlah pedagang di dalam pasar. Kendati demikian, tidak terlihat adanya kegiatan jual beli unggas seperti hari-hari biasanya.

“Hari ini sebagian pedagang masih datang untuk mengemasi barang dagangannya yang berada di dalam pasar,” kata Dwi, penjual minuman di pasar tersebut.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Grobogan Endang Sulistyoningsih membenarkan perihal penutupan Pasar Unggas Glendoh selama dua pekan tersebut. Penutupan pasar itu dilakukan menyusul adanya pedagang yang terpapar Covid-19.

“Ada dua orang pedagang yang positif Covid-19. Satu masih dirawat dan satunya sudah meninggal beberapa hari lalu, tetapi sudah sempat diuji swab dan hasilnya positif,” katanya.

Terkait dengan kondisi itulah, tim GTPP merekomendasikan penutupan pasar unggas pada dinas terkait. Tindakan ini dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta upaya mencegah munculnya klaster baru.

Endang mengatakan, jadwal penutupan pasar unggas itu memang dimulai hari ini hingga 14 hari ke depan. Meski begitu, pihaknya masih memberikan kesempatan sehari kepada sebagian pedagang untuk mengemasi barang dagangannya yang ada di dalam pasar.

“Sebagian pedagang kita kasih waktu sehari ini untuk memindahkan atau mengemasi barang dagangannya. Mulai besok, aktivitas di pasar sudah harus berhenti total untuk sementara waktu,” tegasnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...