Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ketipu Arisan Online, Emak-Emak di Pati Geruduk Pengelola

MURIANEWS, Pati – Emak-Emak yang tergabung dalam arisan online menggeruduk rumah owner di Desa Tegalombo, Kecamatan Dukuhseti, Kamis (25/6/2020). Hal itu lantaran mereka kena tipu hingga ratusan juta atas arisan online tersebut.

Dalam aksi tersebut puluhan emak-emak yang merupakan member arisan online itu, menuntut agar owner mengembalikan uang member. Apalagi, kerugian diperkirakan mencapai Rp 1 miliar lebih.

Berdasarkan data yang ada, arisan online ini dilakukan melalui media sosial Facebook. Proses pembayarannya melalui rekening yang sudah ditentukan. Sementara untuk pengocokan, disiarkan langsung melalui facebook.

Kemudian apabila hasil kocokan itu keluar nama member, maka uang akan ditransfer sesuai dengan nama yang keluar itu. Sehingga, prosesnya pun tidak dilakukan secara langsung.

Salah satu member Septiya Tarita mengaku terkena tipu hingga Rp 28 juta. Namun, diakui pula ada member lain yang kerugiannya hingga Rp 500 juta.

“Ada banyak yang rugi. Pokoknya kita minta uang harus kembali,” katanya.

Lebih lanjut, arisan online yang dikelola oleh perempuan berinisial W tersebut, sudah dilakukan sejak Januari 2019 silam. Seiring berjalannya waktu, Septiya mengaku terus melakukan pembayaran. Namun, pihak pengelola, yakni W tiba-tiba tidak ada kabar.

Karena itulah, kemudian para member merasa curiga dengan W. Apalagi jumlah setoran arisan yang dikeluarkan juga sudah banyak.

“Ada banyak yang ikut. Tidak hanya dari Dukuhseti, di luar daerah juga ada. Keseluruhan, kerugian kira-kira Rp 1 miliar lebih,” imbuhnya.

Pihaknya pun menuntut agar W bertanggungjawab untuk mengembalikan uang para member. Namun, apabila tuntutan itu tidak dipenuhi, maka pihaknya akan menempuh jalur hukum.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...