Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

17 Kecamatan di Jateng Tak Punya SMA/SMK Negeri, Pemprov Siapkan Kelas Jarak Jauh

MURIANEWS, Semarang – Proses pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK, SLB negeri di Jateng akan ditutup, Kamis (25/6/2020) malam nanti ditutup. Sejumlah permasalahan pun muncul, salah satunya kendala tak adanya fasilitas SMA atau SMK negeri di kecamatan.

Padahal dalam PPDB yang menggunakan sistem zonasi, jarak desa pendaftar dengan sekolah menjadi perhitungan utama. Di Jawa Tengah sendiri tercatat ada 17 kecamatan yang tak memiliki fasilitas SMA/SMK negeri.

Untuk memecahkan masalah ini, Pemprov Jateng tengah menggulirkan rencana kelas jarak jauh. Dengan program ini, SMA/SMK negeri bisa membuka kelas di kecamatan, dengan memanfaatkan bangunan SMP di daerah tersebut.

Uji coba kelas jarak jauh ini pun akan segera dilaksanakan di empat kecamatan. “Dalam waktu dekat, mudah-mudahan pekan depan sudah bisa langsung diputuskan. Kita mau buat kelas jarak jauh,” kata Ganjar, Kamis (25/6/2020).

Ia mencontohkan salah satu kecamatan yang tak memiliki fasilitas SMA/SMK negeri di Jateng yakni Tawangwangu. Padahal daerah ini merupakan tempat kelahiran Ganjar,

” Jadi kelas jarak jauhnya itu nanti kita pinjam sekolah yang ada di sana. Bisa gedung SMP, tetapi pengelolaanya tetap di SMA negeri terdekat yang ada di sana. Jadi statusnya tetap negeri,” jelasnya.

Baca: Seribuan SKD Aspal PPDB Dicabut, Giliran Ganjar Temukan Modus Dompleng KK

Kelas jarak jauh itu juga menjadi solusi untuk pemerataan sekolah. Ini juga menurut dia, menjadi solusi dan jaminan dari Pemprov Jateng terkait sumber daya manusia (SDM) dan perbaikan fasilitas.

“Ini untuk pemerataan. Ini akan kita terapkan, uji cobanya sekitar empat kecamatan yang nanti akan kita sampaikan. Ini evaluasi yang kemarin ada,” ungkap Ganjar. (lhr)

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...