Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

119 Indomaret dan Alfamart di Pati Belum Perpanjang Izin Usaha

MURIANEWS, Pati – Dari 138 toko modern di Kabupaten Pati, 119 di antaranya diketahui belum melakukan pembaharuan izin usaha.

Padahal, sesuai dengan ketentuan perda Nomor 2 Tahun 2019 tentang Penataan Pasar Rakyat dan Toko Swalayan, semua toko modern yang sudah berdiri sebelum perda itu disahkan, wajib melakukan pembaharuan izin melalui Online Single Submission (OSS).

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTDP) Kabupaten Pati Sugiyono mengatakan, jumlah total toko modern di Pati total mencapai 138 buah. Dari jumlah itu, baru 19 toko modern yang sudah melakukan perpanjangan dan sudah mengajukan OSS.

“Jumlah 19 itu terdiri dari 12 Indomaret dan tujuh Alfamart. Semua sudah mengajukan OSS,” katanya, Kamis (25/6/2020).

Ia menjelaskan, sejak diterbitkannya Perda Nomor 2 Tahun 2019 itu semua swalayan ataupun toko modern berjejaring wajib melakukan pembaharuan izin. Meskipun masa berlaku izin masih berlangsung, tetap harus melakukan pembaharuan izin.

“Mulai adanya perda itu, semuanya berlaku sama. Nanti keluarnya (dari OSS) itu adalah Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP),” imbuhnya.

Ia mengaku, semenjak sudah adanya OSS tersebut, sosialisasi ke bawah sudah dilakukan. Hal itu dilakukan dengan cara mengirimkan surat kepada yang bersangkutan. Bahkan kepada pihak manajemen Indomaret dan Alfamart juga sudah dilakukan koordinasi.

Sedangkan, untuk toko modern yang berdekatan dengan Pasar Gabus, saat ini izinnya juga sedang dikaji. Menurutnya, toko modern itu sudah berdiri lama, hanya izinnya belum diterbitkan.

“Pengeluaran izin belum. Masih kami kaji. Notifikasinya belum keluar,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...