Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Jelang Idul Adha, Pemantauan Kesehatan Hewan Kurban di Kudus Diperketat

MURIANEWS, Kudus – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus memperketat pemantuan kesehatan hewan ternak untuk kurban. Hal tersebut dilakukan agar memastikan hewan yang akan dijual ke konsumen tidak ada yang sakit.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertaniaan dan Pangan Kudus Indriatmoko mengatakan, kegiatan pemantauan kesehatan hewan ternak ini memang sudah dilakukan secara rutin dan terjadwal setiap bulan. Meski demikian, jelang Idul Adha kegiatan ini semakin digencarkan.

“Mulai awal Juni, kami mulai perketat pemantauan kesehatan hewan ternak. Baik di peternak, pedagang atau pengepul musiman baik di pasar-pasar dan juga kelompok ternak,” katanya, Rabu (25/6/2020).

Ia memastikan akan melakukan pemantauan kesehatan di sembilan kecamatan di Kudus secara bertahap.

Hal senada juga dikatakan Kasi Produksi dan Kesehatan Hewan Sidi Pramono. Ia menyatakan kegiatan rutin yakni pemantauam dan pengecekan hewan ternak, ditingkatkan lagi menjelang Hari Raya Idul Adha.

“Kami sudah ke pedagang pasar dan kelompok ternak yang ada di Desa Mijen, Jati, Ploso, Purwosari, Ploso, Purwosari, Banget, Jurang, Dawe, Ngembal Rejo dan Ngembal Kulon, Lambangan,” terangnya.

Ia mengakui memang belum seluruhnya dilakukan pengecekan. Karena memang ada juga beberapa hewan ternak yang belum datang dari luar daerah.

“Kan banyak juga pedagang dan pengepul hewan kurban yang mendatangkan hewan ternak untuk kurban dari luar daerah. Nantinya itu juga kami pantau kesehatannya,” terangnya.

Selain itu, sebelum Idul Adha pihaknya juga menghentikan pemberian obat cacing dan multivitamin untuk hewan ternak yang akan dijual untuk kurban.

“Biasanya kami berikan obat cacing tiga bulan sekali, tapi menjelang Idul Adha kami hentikan. Kami sarankan ke kelompok ternak untuk fokus ke perawatan. Karena biasanya jika masih dilanjutkan pemberian obat cacing dan multivitamin, nanti dagingnya agak menguning,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...