Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tempat Cuci Tangan Umum di Kudus Disalahgunakan, BPBD: Jangan Dijahili

MURIANEWS, Kudus – Masyarakat di Kota Kretek diharapkan bisa turut merawat dan menjaga kondisi tempat cuci tangan yang tersebar di sejumlah fasilitas umum. Pemanfaatannya pun diharapkan bisa sesuai, yakni untuk tempat cuci tangan.

Pasalnya, ada yang menyalahgunakan tempat cuci tangan umum itu, bukan sesuai keperuntukannya. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus pun sering mendapati kondisi ini.

“Sempat ada yang sampai dibuat untuk mencuci peralatan dagang,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Kudus Bergas Catursasi Penanggungan, Kamis (25/6/2020) pagi.

BPBD Kudus hingga saat ini setidaknya telah menempatkan sekitar sepuluh lebih tandon atau toren air, untuk tempat cuci tangan masyarakat. “Kami harapkan mereka turut merawatnya, jangan dijahili,” ujarnya.

Kata Merawat yang dimaksud pihaknya, adalah tetap membiarkan toren air tersebut bekerja sesuai fungsinya, yakni untuk tempat cuci tangan. Bukan disalahgunakan untuk keperluan yang lain.

Selain itu, pihaknya juga berharap masyarakat turut berperan serta menyediakan sabun cuci tangan apabila habis. Atau setidaknya, lanjut dia, tidak mengambil sabun beserta tempatnya bila pihaknya mengisi ulang sabun.

Bergas pun tak memungkiri jika kejadian seperti itu tak hanya terjadi sekali dua kali.  “Ini jangan sampai dilakukan lagi, kalau bisa malah turut menyediakan, dapat pahala,” jelas dia.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...