Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

PKB Usung Bendahara PCNU untuk Lawan Sri Sumarni di Pilkada Grobogan

MURIANEWS, Grobogan – DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Grobogan mengambil sikap untuk mengusung bakal calon Bupati (Bacabup) Grobogan dalam Pilkada 2020 mendatang. Calon untuk menantang petahana Sri Sumarni pun telah disiapkan.

Hal itu terungkap dalam konsolidasi yang dilakukan oleh tim asistensi Pilkada DPC PKB dan tim siyasah PC NU Grobogan di Hotel Kyriad Grand Master Purwodadi, Selasa (23/6/2020).

Ketua DPC PKB Grobogan HM Nurwibowo mengatakan, dalam konsolidasi ini diputuskan jika nama yang akan diusung sebagai bakal calon bupati (bacabup) adalah Bendahara PC NU Grobogan Sholikin.

Nama ini selanjutnya akan diusulkan ke DPP PKB untuk mendapatkan rekomendasi guna bertarung dalam Pilkada 2020.

“Sebelumnya, ada beberapa nama yang muncul untuk posisi bakal calon bupati dan sempat mengikuti fit and propertest. Namun, dalam konsolidasi ini sepakat untuk memilih nama Sholikin untuk kita usulkan sebagai bakal calon bupati,” katanya.

Tim asistensi Pilkada DPC PKB dan tim siyasah PC NU Grobogan menggelar konsolidasi. (MURIANEWS/Dani Agus)

Selain Sholikin dua nama lain yang juga ikut fit and proper test, akan difasilitasi untuk dipilih menjadi bakal calon wakil bupati (bacawabup).

“Untuk rekomendasi nanti yang mengeluarkan dari DPP PKB,” ujarnya.

Untuk bisa mengusung calon sendiri di Pilkada Grobogan, dibutuhkan dukungan minimal 10 kursi di DPRD.

Baca: PDIP Umumkan Rekom 12 Paslon di Pilkada Jateng, Grobogan Tetap Sri Sumarni

Saat ini, PKB hanya memiliki tujuh kursi di DPRD Grobogan sehingga harus berkoalisi dengan parpol lain untuk bisa mengusung calon.

“Hal ini sudah kami pikirkan. Jika rekomendasi dari DPP PKB sudah turun maka kita akan memutuskan langkah selanjutnya. Termasuk di antaranya adalah menggalang dukungan dari pihak lain,” katanya.

Sementara itu, Ketua PC NU Grobogan Abu Mansyur menyambut baik hasil konsolidasi dari tim siyasah dan asistensi DPC PKB yang memutuskan untuk memilih Sholikin menjadi bakal calon bupati Grobogan.

”Yang bersangkutan (Sholikin) sudah jelas merupakan kader NU dan saat ini kebetulan juga jadi pengurus. Kami dari kader dan pengurus NU sangat mendukung dan kami harapkan warga NU juga mendukung,” katanya.

Sementara itu, Bendahara PC NU Grobogan Sholikin menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai bacabup dalam Pilkada mendatang. Menurutnya, keputusan dalam konsolidasi merupakan sebuah amanah yang akan dilaksanakan sebaik mungkin.

”InsyaAllah, kami siap mengemban amanah ini. Untuk bakal calon wakil bupati kami akan memilih dari kalangan nasionalis. Karena PKB sudah religius,” ujarnya.

Sementara itu, bupati petahana Sri Sumarni juga dipastikan maju kembali dalam pilkada. Ia akan kembali nyalon melalui PDI Perjuangan berpasangan dengan Bambang Pujiyanto.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...