Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Ratusan Pasangan di Kudus Menikah Selama Pandemi Corona

MURIANEWS, Kudus – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kudus mencatat, selama pandemi corona terdapat ratusan pasangan yang mencatatkan pernikahannya. Meski demikian, jumlah itu mengalami penurunan tiap bulannya.

Kepala Kemenag Kudus Akhmad Mundakir membenarkan hal tersebut. Ia menyatakan memang ada penurunan pasangan yang mengajukan menikah saat pandemi ini.

“Banyak pasangan yang menunda pernikahannya karena adanya pandemi Covid-19,” katanya Selasa (23/6/2020).

Sementara M Zamroni, Pengelola Administrasi Kepenghuluan di Kemenag Kudus merinci jumlah pasangan menikah selama pandemi berlangsung.

Ia menyebutkan, pada Maret 2020 ada 434 pasang yang menikah. Jumlah itu menurun pada bulan berikutnya, yakni April 2020 yang tercatat sebanyak 390 pasang.

Bulan berikutnya, yakni Mei 2020 terjadi penurunan yang sangat drastis, yakni tercatat sebanyak 105 pasangan.

“Memang penurunan tersebut karena pandemi, dan ada anjuran untuk tidak melibatkan massa yang banyak selama pandemi,” jelasnya.

Ia mengaku, memang biasanya sebelum pandemi pun, pada bulan-bulan ini memang sedikit menurun. Meski demikian, ia memprediksi bukan depan akan ada kenaikan jumlah pasangan yang mengajukan pemohonan pencatatan pernikahan.

“Karena memang banyak yang menunda. Ini juga persiapan new normal pastinya akan meningkat,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...