Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Rumah Sakit Apung Dokter Lie Darmawan Akan Singgah di Jepara

MURIANEWS, Jepara – Jepara akan menjadi tempat singgah RS Apung dr Lee Darmawan. Rumah sakit apung terbesar ini merupakan fasilitas kesehatan miliki swasta.

Keluarga besar dr Lee Darmawan membangun RS Apung pertama di Indonesia ini untuk kepentingan sosial kepada masyarakat.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Jepara, dr M Fakhrudin menyatakan, rencana singgah RS Apung dr Lee Darmawan ini disambut positif.

Pasalnya RS ini juga melengkapi diri dengan lab Polymaerase Chain Reaction (PCR) untuk uji swab. Dengan demikian, paling tidak Jepara bisa terbantu untuk bisa memanfaatkan fasilitas ini.

Jepara yang saat ini tengah mengalami ‘booming‘ kasus positif Covid-19 jelas membutuhkan kecepatan dalam memastikan setiap kasus yang muncul.

Dengan hasil pemeriksaan yang cepat maka proses tracing terhadap kasus yang muncul bisa dilakukan dengan lebih cepat dan cermat.

”Saat ini kami butuh pemeriksaan yang cepat untuk memastika hasil tracing kontak erat pasien Covid-19. RSUD RA Kartini sendiri sebenarnya memiliki alat uji swab dengan alat Tes Cepat Molekular (TCM). Namun, kendalanya adalah ketersediaan katrid untuk membaca hasil tes. Saat ini mereka  baru menerima 120 katrid. Namun, diperkirakan hanya mencukupi untuk TCM selama kurang dari satu minggu,” ujar dr M Fakhrudin, Selasa.

Selanjutnya, dr M Fakhrudin mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan terkait tempat sandar kapalnya. Pihaknya berharap sudah ada kejelasan terkait rencana inim Sehingga penanganan Covid-19 di Jepara bisa terbantu.

Sementara itu secara terpisah, Kepala Dishub Jepara, Deni Hendarko membenarkan hal ini. Pihaknya sudah menerima pemberitahuan resmi dari pihak RS Lee Darmawan. Mereka sudah menyampaikan surat terkait rencana singgah mereka di Jepara. Bahkan untuk lokasi sandar kapal rumah sakit ini telah tersedia. Ada dua yang diajukan, yaitu di Dermaga Ujungbatu dan Dermaga Kartini.

“Dari dua lokasi yang sudah kami siapkan, pihak RS Apung dr Lee Darmawan  juga telah melakukan survei.

Mana yang akan dipilih kami belum tau. Namun menurut kami lebih bagus di Dermaga Pantai Kartini. Karena lokasinya tidak banyak ombak. Tapi dimanapun dari dua lokasi itu akan kami siapkan supaya tidak menganggu aktifitas di lokasi yang ada,” ujar Deni Hendarko.

RS Apung dr Lee Darmawan sendiri merupakan rumah sakit apung terbesar di Indonesia. Selama ini kiprahnya lebih banyak diarahkan untuk kepentingan kemanusiaan.

Pada awal-awal beroperasi, RS apung ini lebih banyak berada di wilayah Indonesia Timur. Rencana kedatangan RS Apung ke Jepara ini tentu saja diharapkan bisa membantu upaya penanganan Covid-19 di Jepara.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...