Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Pengadaan Mobil Perekam E-KTP Pati Diusulkan Rp 1 Miliar

MURIANEWS, Pati – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pati mengusulkan pengadaan satu unit mobil perekaman e-KTP keliling untuk 2021 mendatang. Tak tanggung, biayanya pengadaan ini mencapai Rp 1 miliar.

Kepala Dispendukcapil Pati Rubiyono mengatakan, penambahan mobil keliling terasebut lantaran terjadi penumpukan perekaman di kantor setempat. Sehingga, memang perlu adanya tambahan mobil keliling.

Hal tersebut juga diusulkan langsung oleh anggota DPRD Kabupaten Pati usai sidak. Karenanya, ia mengaku senang didorong langsung oleh DPRD dan realisasinya diharap bisa lebih mudah.

“Dari DPRD Pati sudah meminta kami untuk menghitung rincian kebutuhan pengadaan satu unit mobil keliling perekaman. Setelah kami cek, anggaran yang dibutuhkan Rp 1,02 miliar,” katanya.

Menurutnya, anggaran terdebut tidak hanya untuk membeli satu unit mobil saja. Namun termasuk satu set pengadaan sarana prasarana yang dibutuhkan.

Yakni mulai dari alat prekaman, beberapa jenis printer, rehab interior serta eksterior, dan lainnya. Genset dibutuhkan jika waktu ada pelayanan keliling di kecamatan-kecamatan.

Pengadaan mobil keliling perekaman akan diusulkan pada anggaran pendapatan belanda daerah (APBD) Kabupaten Pati 2021 mendatang. Setelah teralisasi, Disdukcapil Pati mempunyai dua mobil keliling perekaman.

Namun, diakuinya jumlah tersebut masih kurang. Sebab, idealnya adalah tiga mobil perekaman keliling. Estimasinya setiap satu mobil perekaman melayani tujuh kecamatan di Pati secara bergantian.

“Pelayanan ini untuk memudahkan masyarakat untuk perekaman e-KTP. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi datang ke Disdukcapil,” jelasnya.

Dirinya berharap pada 2021 nanti setiap kecamatan bisa mencetak e-KTP sendiri. Sebelumnya pada 2015 sudah ada pelayanan seperti itu di kantor kecamatan, namun alatnya rusak. Ini membuat semua pencetakan dilakukan di kabupaten.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...