Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

RAB New Normal 114 Ponpes di Kudus Capai Rp 3,3 Miliar

MURIANEWS, Kudus –  Kebutuhan anggaran untuk mempersiapkan new normal  di pondok pesantren (ponpes) ternyata membutuhkan dana yang cukup besar. Kebutuhan anggarannya ditaksir mencapai Rp Rp 3,3 miliar.

Dana tersebut dibutuhkan untuk keperluan pengadaaan sarana dan rpasarana new normal  di 114 ponpes yang ada di Kudus.

Ini diketahui dari hasil rapat audiensi Komisi D DPRD Kudus dengan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) dan perwakilan ponpes, Senin (22/6/2020) siang.

Dalam rapat tersebut, diketahui untuk jumlah nominal rencana anggaran belanja (RAB) 114 pondok pesantren di Kudus mencapai Rp 3,3 miliar.

Ketua Komisi D DPRD Kudus Mukhasiron mengatakan, jumlah tersebut merupakan perhitungan yang dilakukan oleh pihak-pihak terkait. “Hasilnya itu, Rp 3,3 miliar, kami memfasilitasi audiensi ini,” katanya.

Jumlah tersebut, kata dia, digunakan untuk pembelian dan pelengkapan fasilitas protokol kesehatan di masing-masing ponpes. Mulai dari tempat cuci tangan, hingga penyediaan thermo gun di ponpes.

“Jadi memang khusus untuk penyiapan sarpras pendukung new normal,” ujarnya.

Prosesnya sendiri, kini akan memasuki masa verifikasi oleh Inspektorat. Untuk selanjutnya diterbitkanlah SK Bupati.

Sementara untuk bentuk yang akan diterima, lanjut dia, untuk ponpes nonsekolah dimungkinkan akan menerima hibah berupa barang. “Kalau yang bentuknya sekolah mungkin bisa berupa uang,” jelas dia.

Sementara Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Kudus Eko Djumartono mengatakan, pemerintah pusat sebenarnya juga menganggarkan dana new normal di ponpes sebesar Rp 2,3 triliun.

Oleh karena itu, pihaknya berharap tak ada tumpang tindih antara bantuan yang akan diberikan pemkab dengan bantuan yang akan diberikan pemerintah pusat.

“Jadi nanti perlu diperhatikan supaya tidak ada dobel bantuan. Seperti pusat menganggarkan thermo gun, kita juga menganggarkan,” jelas dia.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...