Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Kapal Asal Jakarta Kandas di Perairan Karimunjawa, 28 ABK Selamat

MURIANEWS, Jepara – Kecelakaan laut menimpa pada sebuah kapal asal Jakarta di perairan Karimunjawa, Sabtu (20/6/2020) siang. Kejadian ini terjadi di sebelah selatan Pulau Tengah, salah satu gugusan pulau di Kepulauan Karimunjawa.

Tak ada korban jiwq dalam insiden ini. Sebanhak 28 Anak Buah Kapal (ABK) yang berada di dalam kapal berhasil diselamatkan.

M Zainudin, petugas Pusat Data Informasi dan Komunikasi (Pusdatinkom) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara menyatakan, informasi yang diterima BPBD Jepara, kejadian ini berlangsung pada Sabtu (20/6/2020) sekitar jam 12.50 WIB.

KM Rejeki Timur yang berasal dari Jakarta dilaporkan mengalam kerusakan mesin. Kapal berbobot 83 Gross Ton ini diawaki oleh 28 orang. Dalam perjalanannya di perairan Karimunjawa, kapal mesin bermasalah membuat sistem kelistrikan kapal terganggu.

Tanpa tenaga pendorong, kapal ini kemudian hanyut terombang-ambing gelombang. Upaya untuk melakukan lego jangkar juga tidak bisa dilakukan, lantaran tenaga listriknya juga terhenti.

Akibatnya, saat kapal hanyut tidak bisa mengelak saat menghantam gugusan karang di sekitar selatan Pulau Tengah.

“Dari laporan yang kami terima, karena saat terombang-ambing tidak bisa dikontrol kapal kemudian menghantam gugusan karang. Pada bagian belakang yang menghantam karang, dilaporkan sobek dan menimbulkan kebocoran pada kapal,” ujar M Zainudin, Sabtu (20/6/2020).

Sementara itu Camat Karimunjawa, Nur Sholeh, menyebutkan dari kejadian ini, sebanyak 28 orang ABK yang berada di atas kapal berhasil di selamatkan oleh nelayan Karimunjawa yang kebetulan melintas.

Usaha untuk melakukan evakuasi akhirnya dilakukan secara bertahap oleh para nelayan karena banyaknya ABK. Namun akhirnya semua ABK bisa diselamatkan.

Sampai Sabtu (20/6/2020) sore, para ABK masih dikumpulkan di rumah warga. Mereka dimintai keterangan oleh para pihak terkait yang ada di Karimunjawa. Muspika Karimunjawa juga sudah menemui mereka, untuk melakukan langkah-langkah selanjutnya.

“Sejauh yang sudah kami ketahui, penanganan atas insiden ini sudah dilakukan dengan baik. Kecelakaan ini juga sudah dikomunikasikan dengan semua pihak terkait. Tadi masih ada 5 ABK yang masih dalam proses evakuasi,” ujar Nur Sholeh.

Berikut para ABK yang berhasil diselamatkan :
1. Tarnudin, 34 tahun asal Tegal
2. Senal, 32 tahun asal Jakarta Utara
3. Febian, 27 tahun asal Tegal
4. M. Aji Nur Alim, 23 tahun asal Brebes
5. Toni, 30 tahun asal Brebes
6. Asep, 26 tahun asa Cikarang
7. Warno, 35 tahun asal Brebes
8. Supardi, 30 tahun asal Brebes
9. Nurdiana, 36 tahun asal Tegal
10. Jazuli, 38 tahun asal Tegal
11. Kotong Setiawan, 23 tahun asal Brebes
12. Kasmuri, 30 tahun asal Brebes
13. M. Rizki A, 22 tahun asal Tegal
14. Mardani, 29 tahjn asal Tegal
15. Samsul Bahri, 28 tahun asal Tegal
16. M. Hasan, 18 tahun asal Brebes
17. Wariudin, 37 tahun asal Brebes
18. Wahyu Hidayat, 39 tahun asal Banyumas
19. Alfian Wildani, 29 tahun asal Depok
20. Aji, 21 tahun asal Brebes
21. Rofii, 37 tahun asal Tegal
22. M. Ardani, 26 tahun asal Tegal
23. M Usman Afandi, 19 tahun asal Tegal

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...