Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tambah Lagi, Hari Ini GTPP Covid-19 Jepara Umumkan 55 Warga Positif Corona

MURIANEWS, Jepara – Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 kembali menyampaikan adanya penambahan jumlah pasien positif covid baru pada Sabtu (20/6/2020). Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 55 orang dinyatakan terkonfirmasi positif Corona atau Covid-19.

Hal ini didasarkan pada hasil pemeriksaan swab yang diterima pada Sabtu (20/6/2020) pagi sekitar jam 10.

Juru Bicara GTPP Covid 19 Jepara, dr M Fakhrudin menyatakan pihaknya berharap peran partisipasi masyarakat bisa semakin nyata muncul dalam menghadapi persoalan ini. Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara, sebagai dua lembaga terdepan menurutnya tidak akan mampu melakukannya sendiri.

Baca: Bertambah Lagi, 18 Orang di Jepara Positif Covid-19

Karena itu pihaknya berharap ada upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat.

“DKK dan BPBD pada sauatu titik pasti akan bisa mengalami situasi ‘kepayahan’ jika situasinya masih seperti ini terus. Kami berharap masyarakat bisa sama-sama menumbuhkan kesadaran untuk berperan aktif di posisinya masing-masing. Sehingga penularan virus ini bisa segera diatasi. Jika tidak maka situasinya bisa semakin buruk,” ujar dr M Fakhrudin.

Kasus-kasus baru yang muncul, masih mengikutsertakan para tenaga medis yang terpapar positif Covid-19 dan masyarakat luas, baik yang menjadi bagian dari klaster yang ada atau baru sama sekali.

Baca: 24 Tenaga Kesehatan RSUD Kartini Positif Covid 19, Semua Dikarantina

Jumlah ini dimungkinkan akan bisa terus bertambah, jika melihat banyaknya kasus yang terjadi. Sebab dari kasus-kasus yang ada pasti akan muncul orang-orang lain dalam proses tracing.

Pada data yang terkonfirmasi Sabtu (20/6/2020) dari Bangsri ada empat orang pasien baru masing-masing di Desa Banjaran tuga orang dan Bondo satuorang. Kemudian Kecamtan Jepara Kota ada tambahan lima pasien positif baru. Masing-masing di Jobo Kuto satu orang, Kuwasen satu orang, Demaan dua orang dan Ujung Batu satu orang.

Selanjutnya dari Kalinyamatan ditemukan empat kasus baru lagi. Masing-masing di Desa Bakalan (1), Pendo Sawalan (2) dan Robayan (1).

Kasus paling banyak yang terkonfirmasi pada hari ini terjadi di Kedung, yang mencapai 18 orang. Masing-masing di Desa Kedung Malang ada 5 orang, Karang Aji (6), Surodadi (4), ditambah dari Desa Pangung, Surodadi dan Menganti masing-masing satu orang pasien.

Baca: Pasien Tak Jujur, 19 Karyawan RSUD Kartini Jepara Terancam Terpapar Covid-19

Dari Pakis Aji ada dua orang pasien positif covid 19 yang terkonfirmasi semuanya di Desa Slagi. Kemudian dari Pecangaan ada 8 tambahan pasien positif Covid-19. Masing di Desa Ngeling (2), Pecangaan Wetan, Pecangaan Kulon, Troso, Rengging dan Lebuawu masing-masing satu orang.

Di Kecamatan Tahunan ada empat kasus baru, masing-masing di Desa Tahunan dua orang dan Desa Krapyak dan Mantingan masing-masing satu orang. Lalu di Kecamatan Welahan muncul tujuh kasus lagi. Masing-masing terjadi di Desa Welahan sebanyak empat kasus, Desa Sidi Gede dua kasusk dan Desa Kalipucang satu orang.

Sementara dua pasien positif covid lainnya yang terkonfirmasi pada Sabtu (20/6/2020) merupakan dua orang warga Wedung, Demak.

“Untuk kasus yang terjadi di Krapyak menimpa pada seorang bayi berusaha tiga bulan. Ini memang sangat menyedihkan. Saat ini sudah banyak usia-usia produktif yang terkena penularan Covid-19. Kami berharap masyarakat semakin waspada,” tegas dr M Fakhrudin.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...