Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sudah Ada 105 Warga Kudus Terpapar Corona, Tujuh Meninggal

MURIANEWS, Kudus – Gugus Tugas Percepatan Penangan (GTPP) Covid-19 Kudus mencatat, hingga Jumat (19/6/2020) sore, sudah ada 105 orang warga Kudus yang terpapar virus corona. Dari jumlah itu, tujuh orang di antaranya meninggal dunia.

Rata-rata pasien yang meninggal merupakan pasien yang memiliki penyakit penyerta.

Sementara pasien yang berhasil sembuh tercatat sebanyak 29 orang. Sisanya, yakni 52 pasien masih dirawat, 17 pasein isolasi mandiri.

Dari total kasus tersebut, Kecamatan Kota dan Kecamatan Jati jadi kecamatan dengan kasus terbanyak. Secara akumulatif di kecamatan ini 18 kasus.

Disusul Kecamatan Kaliwungu 16 kasus,  Kecamatan Mejobo 12 kasus, Kecamatan Jekulo 11 kasus, dan Kecamatan Undaan 10 kasus.

Kemudian untuk Kecamatan Bae delapan kasus, Kecamatan Dawe tujuh kasus, dan Kecamatan Gebog lima kasus.

“Hari ini ada lima tambahan baru, jadi semula seratus kasus, kini naik 105 kasus,” kata Jubir GTPP Covid-19 Kudus dokter Andini Aridewi.

Untuk pasien corona yang meninggal sendiri, tambah dia, hampir semua kecamatan terdapat satu kasus meninggal. Kecuali Kecamatan Jekulo dan Kecamatan Undaan.

“Sedangkan pasien sembuh paling banyak dari Kecamatan Jati yakni 12 kasus,” terangnya.

Naiknya jumlah pasien corona belakangan ini, lanjut dia, adalah merupakan konsekuensi dari pelacakan kontak erat pasien positif secara massif.

Beroperasinya alat uji swab yang kini dimiliki RSUD Loekmono Hadi Kudus juga jadi penyebab cepatnya kasus naik. Karena sampel swab dari pasien bisa cepat diketahui hasilnya, tanpa harus antre dari laboratorium lain.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo juga mengatakan, kenaikan kasus tersebut masih cukup wajar.

Walau demikian, pihaknya tetap mengimbau semua masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Di antaranya tetap mengfenakan masker ketika berada di luar rumah. Serta mencuci tangan dengan menggunakan sabun ataupun menyemprotkan hand sanitizer saat bersentuhan dengan objek di luar rumah.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...