Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kasus Corona dari Dalam Wilayah Kudus Sudah Tembus Angka 100

MURIANEWS, Kudus – Kasus terkonfirmasi positif corona di dalam wilayah Kabupaten Kudus kini tembus di angka seratus kasus. Jumlah tersebut merupakan akumulasi keseluruhan warga Kudus yang sempat maupun sedang dirawat karena positif Covid-19.

Rinciannya yakni, ada sebanyak 49 kasus pasien dirawat. Kemudian ada sebanyak 15 kasus isolasi mandiri, serta pasien sembuh 29 kasus, dan meninggal tujuh kasus.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kudus dr Andini Aridewi mengatakan, angka seratus kasus tersebut dikarenakan adanya empat kasus baru dalam wilayah yang tercatat kemarin.

“Ada empat kasus baru dari dalam wilayah, sehingga kini total konfirmasi corona di dalam wilayah mencapai seratus kasus pas,” kata Andini Kamis, (18/6/2020).

Empat kasus tersebut lanjutnya berasal dari Kecamatan Mejobo, Kecamatan Gebog, Kecamatan Bae, dan Kecamatan Undaan. “Untuk pasien dari Kecamatan Bae memiliki riwayat kontak, lainnya kasus baru,” lanjut dia.

Andini mengatakan, kenaikan kasus yang sangat pesat merupakan konsekuensi dari tes swab massal yang dilakukan pihaknya beberapa waktu lalu.

“Kami berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan tracing di kontak-kontak erat pasien positif,” jelas dia.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo juga mengatakan, kenaikan kasus tersebut masih cukup wajar.

Dikarenakan tracing massif yang dilakukan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pada kontak erat pasien positif. “Kudus sendiri masih zona kuning, tidak ada masalah,” ucap Hartopo.

Kenaikan tersebut juga, lanjiut dia, juga karena Kudus telah memiliki alat Real Time (RT) PCR yang digunakan untuk menguji swab pasien corona. “Jadi tidak usah kaget apabila kenaikan terus ada,” jelas Hartopo.

Walau demikian, pihaknya tetap mengimbau semua masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Di antaranya tetap mengfenakan masker ketika berada di luar rumah. Serta mencuci tangan dengan menggunakan sabun ataupun menyemprotkan hand sanitizer saat bersentuhan dengan objek luar rumah.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...