Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Pemilik Ingin Status BCB Omah Kapal Kudus Dicabut, Begini Tanggapan Pemkab

MURIANEWS, Kudus – Ahli waris mengajukaan permohonan pencabutan status benda cagar budaya (BCB) Rumah Kapal atau Omah Kapal Kudus. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus memberikan tanggapan mengenai hal ini.

Plt Bupati Kudus HM Hartopo juga membenarkan adanya surat permohonan pencabutan status cagar budaya rumah kapal.

“Sangat saya sayangkan jika rumah kapal jadi dicabut, saat ini masih terus kami kaji,” tandasnya.

Kasi Sejarah, Museum dan Keperbukalaan (Rahmuskala) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus Kudus Lilik Ngesti juga membenarkan jiika ada surat permohonan pencabutan status cagar budaya dari pemilik Rumah Kapal.

“Memang sudah ada surat pengajuan, namun kami masih kaji untuk keputusannya,” katanya, Rabu (17/6/2020)..

Menurutnya proses pencabutan status cagar budaya tersebut tidaklah mudah. Proses pengajuan baru di koordinasikan dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah.

“Nantinya akan ada rekomendasi untuk Plt bupati untuk ke depannya seperti apa, ini masih dalam proses” ujarnya.

Lilik menyebut, status cagar budaya Rumah Kapal tertuang dalam Surat Keputusan Balai Pelestari Peninggalan Purbakala (BP3) Nomor 988/102.SP/BP/P.IX/2005 tentang Penetapan Cagar Budaya di Kabupaten Kudus dengan Nomor Inventaris 11-19/Kud/TB/40.

“Dulu namanya BP3 sekarang BPCB. Waktu itu pemkab belum punya kewenangan untuk melakukan penetapan cagar budaya, jadi yang menetapkan BP3, jadi kami harus berkordinasi dulu dengan BPCB dan TACB Kabupaten Kudus,” ucapnya.

Baca: Pemilik Omah Kapal Kudus Minta Status Cagar Budaya Dicabut

Disinggung terkait musyawarah dengan pemilik, ia mengaku harus mengurutkan dulu seperti apa dulunya saat Rumah Kapal ditetapkan menjadi cagar budaya.

“Ini dalam proses mengetahui hal tersebut dan proses pengkajian,” jelasnya.

Meski demikian, ia sangat menyayangkan jika Rumah Kapal harus dicabut dari status cagar budaya Kabupaten Kudus.

“Sangat saya sayangkan jika harus dihapus begitu saja. Karena Rumah Kapal jadi bagian identitas Kabupaten Kudus,” imbuhnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...