Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dua Pekan Uji Coba, New Normal di Makam Sunan Muria Masih Dikaji

MURIANEWS, Kudus – Dua tempat wisata di Kabupaten Kudus yakni Makam Sunan Muria dan Taman Sardi  telah melakukan uji coba pembukaan selama dua pekan. Percobaan pembukaan tersebut telah berakhir pada Minggu (14/6/2020) lalu.

Namun untuk memutuskan apakah dua tempat wisata itu akan dibuka secara resmi atau kembali ditutup, masih menunggu kajian. Pembahasan mengenai hal ini baru akan dilakukan, Rabu (16/6/2020) besok.

“Besok kami rapatkan dengan Plt bupati dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTTP) Covid-19 Kudus,” kata Mutrikah, Kabid Pariwisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus, Selasa (16/6/2020).

Hasi rapat besok, lanjut Mutrikah, akan menjadi rekomendasi untuk kembali menutup atau membuka tempat wisata itu sebagai persiapan new normal di bidang pariwisata.

“Dari hasil tersebut, nantinya juga akan berpengaruh apakah nantinya akan dilakukan uji coba di tempat wisata lain secara bertahap, atau tidak,” ujarnya.

Baca: Makam Sunan Muria dan Taman Sardi Kudus Akan Uji Coba New Normal Mulai 8 Juni

Sementara dari hasil evaluasi simulasi pembukaan dua pekan kemarin dari pengelola, petugas dan masyarakat dinilai sudah sangat bagus dalam menjalankan protokol kesehatan.

” Tinggal beberapa masyarakat dan wisatawan yang harus menekankan protokol kesehatan. Karena kemarin masih ada beberapa pengunjung tidak memakai masker. Kebetulan kemarin ada masker dari BPBD Kudus jadi kami kasih gratis,” jelasnya.

Baca: Makam Sunan Muria Mulai Dibuka, Peziarah Dibatasi Sampai Pukul 9 Malam

Ia berharap jika memang besok menghasilkan keputusan untuk dibukannya kembali kedua tempat wisata tersebut, ia meminta kerja sama dari semua pihak.

“Pengelola, petugas, masyarakat, pedagang, wisatawan, serta semua pelaku usaha di area itu juga harus kompak dalam menekankan protokol kesehatan.  Agar bisa ikut membantu pemerintah untuk memutus rantai Covid-19 di Kudus,” tandasnya.

Sebelumnya, Makam Sunan Muria dan Taman Sardi dibuka secara terbatas untuk percobaan atau simulasi. Pengunjung yang datang hanya dibatasi dari dalam wilayah, selain itu waktu kunjungan juga dibatasi maksimal sampai pukul 21.00 WIB.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...