Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Desa Rendeng Juara Kampung Tangguh Nusantara Candi di Kudus

MURIANEWS, Kudus – Desa Rendeng, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus menjadi juara Kampung Tangguh Nusantara Candi se-Kabupaten Kudus. Lomba tersebut diadakan oleh Polres Kudus dalam rangka membangun Desa Siaga Covid-19.

Sementara posisi dua, ditempati Desa Medini, dan Desa Barongan yang menempati posisi ketiga. Ketiga desa tersebut terpilih dari 50 desa di Kudus yang mengikuti lomba tersebut.

Penyerahan piagam penghargaan dan hadiah dilakukan oleh Polres Kudus dan Unsur Forkopimda di TPQ Al Husaini yang berada di Desa Rendeng, Kecamatan Kota, Kudus, Senin (15/6/2020) sore.

Kapolres Kudus AKBP Catur Gatot Efendi mengatakan, dengan adanya kampung tangguh ini diharapkan bisa membantu dalam penanggulangan Covid-19 di Kudus.

“Adanya kampung ini sangat membantu bagi masyarakat yang membutuhkan seperti keperluan pangan, selalu memantau warganya baik yang sakit biasa, ODP atai PDP jadi lebih terpantau, apalagi yang isolasi mandiri,” katanya.

Menurutnya Di Desa Rendeng sangatlah lengkap, dari mulai jogo tonggo, jadwal piket, lumbung pangan, tempat isolasi desa ada semua. Selain itu warga juga kompak untuk mengikuti protokol kesehatan.

Sementara Plt Bupati Kudus HM Hartopo menyatakan ketiga desa tersebut bisa menjadi contoh desa-desa lain.

“Ini bisa menjadi sentral jogo tonggo di Kabupaten Kudus. Dan persiapan di simulasi era new normal,” ujarnya.

Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan program spontanitas dari Polri yang diikuti sekitar 50 desa di Kabupaten Kudus.

“Cuma 35 persen dari total desa di Kudus yang mengikuti ini, karena kebanyakan desa memang belum mempersiapkan,” jelasnya.

Ia berharap ke depannya Desa Rendeng tidak hanya menjadi juara tingkat Kudus saja, tetapi juga ke tingkat nasional.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...