Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

BPS Kudus Akan Libatkan RT untuk Sukseskan Tahap Wawancara Sensus Penduduk

MURIANEWS, Kudus – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kudus akan menggandeng ketua RT dalam sensus penduduk manual atau wawancara. Hal tersebut untuk menyukseskan sensus penduduk agar mencapai target 100 persen.

“Pelaksanaan sensus penduduk tahap wawancara sekitar bulan September. Kami akan gandeng RT untuk tahun ini, agar lebih cepat dan lebih terarah. Karena RT lebih tau letak rumah wargannya,” Kata Kepala BPS Kudus Agus Rahmadi Santosa.

Menurutnya, para petugas akan melakukan tahap wawancara untuk keluarga yang belum melakukan sensus penduduk online, dan juga yang datanya masih meragukan.

“Jadi akan tetap ada pengendali teknis lapangan dan juga petugas sensus. Tugas RT nantinya hanya membantu saja,” ujarnya.

Untuk waktu perekrutan petugas, lanjut Rahmadi, ia mengaku belum tahu pasti perekrutannya kapan.

“Kami tunggu instruksi dari pusat untuk seleksi dan pelatihannya. Untuk jumlahnya pastinya akan menurun dibanding sebelumnya. Dulu ada 1.119 petugas,” terangnya.

Sebelumnya, partisipasi masyarakat Kudus dalam sensus penduduk online masih di bawah target yang ditentukan.

Hingga sensus online ditutup pada 29 Mei 2020 lalu, partisipasi masyarakat hanya di angka 30,85 persen dari target sebesar 36,97 persen.

Meski demikian, ia mengaku hasil sensus penduduk online di Kudus menempati peringkat ke tujuh di Jawa Tengah.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.