Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

BSNT Hampir Selesai Disalurkan, Kantor Pos Jepara Kembali Salurkan BST

MURIANEWS, Jepara – PT Pos Indonesia menjadi bagian penting dalam proses penanggulangan dampak Covid-19. Di Kabupaten Jepara, Kantor Pos Jepara mendapatkan kepercayaan untuk menyalurkan dua buah program Jaring Pengaman Sosial (JPS).

Program tersebut masing-masing Program Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementrian Sosial dan Bantuan Sosial Non Tunai (BSNT) Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Kantor Pos Jepara Ali Ghozi Purnomo menyatakan, kepercayaan ini menjadi bagian penting dari tugas yang harus dilaksanakan pihaknya.

Ini karena program ini harus diselesaikan dengan aman, lancar dan cepat, karena berkaitan dengan masyarakat banyak. Di sisi lain pihaknya juga harus tetap mematuhi protokol kesehatan dalam proses penyalurannya.

Untuk BST dari Kementerian Sosial, pihaknya harus menyalurkan dana untuk 10.652 warga yang sudah terdata. Pada BST Tahap I penyaluran sudah disalurkan dengan lancar dan aman tanpa terkendala.

Selanjutnya untuk BST Tahap II yang penyalurannya dimulai pada Rabu (10/6/2020), sejauh ini juga berjalan dengan baik.

“Pengalaman pada penyaluran BST Tahap I tentunya sudah kami evaluasi untuk pelaksanaan penyaluran pada Tahap II ini. Sehingga diharapkan bisa dilakukan prosesnya dengan lebih baik lagi, aman dan nyaman,” ujar Ali Ghozi Purnomo, Jumat (12/6/2020).

Sementara Ketua Satgas BSNT Kantor Pos Jepara, Lardi menyatakan, untuk penyaluran BSNT Provinsi Jawa Tengah, sudah dilaksanakan sejak dua pekan lalu.

Prosesnya masih terus berlangsung hingga saat ini. Untuk Jepara ada sekitar 34.742 orang yang menerima bantuan program ini.

Sampai Jumat (12/6/2020) sudah sekitar 25 ribu paket BSNT yang sudah disalurkan di seluruh wilayah Jepara. Penyaluran di lakukan dengan melibatkan sekitar 30-an petugas.

Agar tidak terjadi kerumunan, tehnis pelaksanaannya juga dilakukan secara terjadwal. Undangan bagi para penerima program disusun tidak secara bersamaan, namun bertahap, diatur jamnya.

“BSNT yang disalurkan berasal dari program Propinsi Jawa Tengah. Bentuknya berupa paket sembako. Kami hanya bertugas menyalurkan saja dalam hal ini. Sedangkan pengadaannya sudah diatur sendiri oleh Pemerintah Propinsi Jawa Tengah,” ujar Lardi.

Penyaluran program BST Tahap II dan BSNT yang belum sepenuhnya selesai, memang membutuhkan kerja keras dari Kantor Pos Jepara. Namun sampai sejauh ini pelaksanaannya masih berlangsung dengan baik. Untuk BSNT dijadwalkan dalam sepekan ke depan sudah bisa diselesaikan.

Dari beberapa program JPS yang dilakukan pemerintah untuk penanggulangan dampak covid 19, sejauh ini dua program ini yang sudah dilaksanakan secara serentak. Sedangkan program BST dari anggaran DD (Dana Desa) dan Pemkab Jepara, belum semuanya dilaksanakan.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...