Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pandemi, Perpusda Jepara Luncurkan Perpustakaan Digital

MURIANEWS, Jepara – Pandemi Covid-19 mewajibkan banyak kegiatan harus terbatasi untuk memenuhi protokol kesehatan. Hal ini juga memberi dampak bagi kegiatan pustaka di Perputakaan Daerah (Perpusda) Jepara.

Kendati tidak diperkenankan membuka pelayanan seperti biasanya, bukan berarti tidak ada upaya untuk memberikan pelayanan.

Salah satu cara yang ditempuh untuk bisa memberikan pelayanan, Perpusda Jepara mulai mengunggah berkas buku-buku ke platform digital. Masyarakat bisa mengaksesnya melalui ‘iJepara’.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kabupaten Jepara, Umar Chotob mengatakan, sejak pandemi Covid-19 Perpusda Jepara menutup fasilitas layanan langsung yang biasa dilayani.

Kebijakan ini merupakan bagian dari penerapan protokol kesehatan yang harus dilakukan sementara waktu. Tentu saja hal ini berhubungan dengan upaya meminimalisir penyebaran virus corona.

Namun demikian proses literasi masyarakat masih tetap terus diupayakan bisa berjalan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memanfaatkan tehnologi informasi.

Dengan memanfaatkan aplikasi perpustakaan digital bernama “iJepara”, Perpusda Jepara berusaha memberikan layanan kepada masyarakat dalam format baru.

“Untuk kebutuhan membaca masyarkat, kami telah meluncurkan iJepara sejak 3 September 2019. Siapa saja bisa mengunduh di Play Store dan menggunakan fasilitas ini. Upaya ini adalah bagian dari pelayanan yang tetap akan kami sampaikan kepada masyarakat,” ujar Umar Chotob, Jumat (12/6/2020).

Perpusda Jepara sendiri, sampai saat ini sudah mengunggah berkas-berkas buku dalam platform digital. Sedikitnya sudah ada dua ribu judul buku yang bisa diakses kapan pun, di mana pun, dan oleh siapa saja secara daring (online).

Diharapkan penginputan buku-buku di layanan daring ini, bisa dimanfaatkan masyarakat untuk tetap belajar dan menambah ilmu pengetahuan.

Sehingga meski pelayanan secara langsung tidak dilakukan, Pemkab Jepara tetap memberikan layanan secara daring. Masyarakat yang membutuhkan informasi bisa mengaksesnya melalui tehnologi informasi yang ada.

Sambil menunggu perkembangan lebih lanjut soal pandemi, Perpusda Jepara saat ini juga tengah menyiapkan diri untuk kemungkinan diberlakukannya New Normal.

“Untuk kemungkinan diterapkannya New Normal, kami tentu juga harus menyiapkan diri. Saat ini kami juga tengah menyiapkan standar operasional prosedur yang diwajibkan di masa New Normal nanti. Soal akan dimulai kapan, kami memastikan siap seluruhnya pada Juli mendatang,” tambah Umar Chotob.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...