Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

FKPP Kajen Siapkan Protokol Pengaktifan Ponpes di Pati

MURIANEWS, Pati – Forum Komunikasi Pengasuh Ponpes (FKPP) se-Kajen, Kecamatan Margoyoso menetapkan adanya protokol pengaktifan kembali pondok pesantren (Ponpes). Hal itu berdasarkan kesepakatan pleno yang diambil oleh para pengasuh ponpes.

Ketua FKPP Kajen KH M Mujiburrohman Ma’mun mengatakan, dengan adanya kesepakatan para pengasuh ponpes itu, pesantren yang sudah siap bisa untuk dibuka kembali. Hanya, harus ada standar kesehatan yang jelas untuk mengantisipasi persebaran Covid-19.

“Protokol keselamatan sudah kami susun untuk nantinya diterapkan bagi pesantren yang sudah siap membuka. Di Kajen ada puluhan pesantren yang berbeda dalam kepengasuhan, pengelolaan, dan penjurusannya,” katanya, Jumat (12/6/2020).

Kemudian terkait pengembalian santri ke Pesantren dipercayakan sepenuhnya pada kebijaksanaan dan kesiapan para Kiai serta pengasuh pesantren. Selain itu juga tetap memerhatikan arahan pemerintah, dalam hal ini kemenag dan dinas kesehatan.

“Dengan berpedoman pada protokol itu, masing-masing pesantren atau madrasah berwenang menentukan kapan dilakukan pengaktifan kembali operasionalnya,” terang Gus Mujib.

Lebih lanjut, sampai saat ini regulasi terkait new normal pesantren dari pemerintah belum ada. Sehingga, pihaknya pun mengaku tidak bisa terus menunggu.

“Para santri, wali santri, dan masyarakat umum sudah banyak yang menanyakan kepada kita, kapan pesantren akan kembali dibuka,” ungkapnya.

Gus Mujib juga berharap agar pemerintah membantu melengkapi sarana prasarana pesantren. Seperti membantu pengadaan alat thermo gun, peralatan semprot disinfektan, wastafel dan cairan disinfektan, handsanitizer, sabun cair juga vitamin-vitamin.

“Bukan alat rapid test, yang menurut hemat kami, akurasi dan kemanfaatannya kurang maksimal, apalagi harganya cukup mahal,” tandasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Esitor: Supriyadi

Comments
Loading...