Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dua Hari, Pasien Positif Covid-19 di Temanggung Tambah 96 Orang

MURIANEWS, Temanggung – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Temanggung mencatat ada penambahan 96 orang positif Corona atau Covid-19. Parahnya, penambahan tersebut hanya terjadi dalam dua hari.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Suparjo mengatakan, tambahan pasien positif tersebut terjadi antara Senin (8/6/2020) hingga Selasa (9/6/2020). Di hari Senin (8/6/2020) malam, pihaknya sudah mendapat pemberitahuan 25 kasus positif.

”Sedangkan di Selasa malam hingga pukul 20.00 WIB, ada tambahan lagi 71 kasus. Sehingga dalam dua hari terakhir ada tambahan 96 kasus positif di Temanggung,” katanya seperti dikutip Antara Jateng.

Meksi begitu, pihaknya mengakui belum bisa memilah klaster karena angkanya baru saja masuk. Selain itu, pihaknya belum mencermati alamat para pasien.

Ia menyebutkan, penambahan 96 pasien positif ini berasal dari tes cepat (rapid test) massal yang dilakukan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Temanggung kepada 5.054 orang usai Lebaran.

Hasilnya, ada 703 orang reaktif. Dari jumlah tersebut ada 568 orang yang dilakukan swab test. Namun, dari 568 orang yang telah dilakukan tes swab itu masih ada 100 yang belum keluar hasilnya.

”Dari situ, kami pastikan saat ini belum puncak kasus Covid-19 karena masih ada yang belum keluar hasil swab-nya. Selain itu proses tracking kemarin baru 137 orang dan yang reaktif ada 37 orang. Kemungkinan masih bertambah angka positifnya,” ungkapnya.

Ia menuturkan langkah selanjutnya yang dilakukan adalah bagi yang positif COVID-19 akan diperiksa kemudian dipilah menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diisolasi di rumah sakit dan yang kedua dikarantina di luar rumah sakit.

Mereka yang masuk rumah sakit yang bergejala sedang sampai berat atau yang ada penyakit penyerta atau yang lanjut usia itu wajib di diisolasi di rumah sakit, sedangkan lainnya yang tidak ada gejala dikarantina di BLK dan Gedung Pemuda.

Ia menyebutkan sejumlah kasus baru positif Covid-19 tersebut, antara lain tersebar di Kecamatan Temabarak 21 orang, Gemawang 17 orang, Ngadirejo 13, Kandangan 12 orang, dan Kecamtan Jumo lima orang.

”Saat ini total kasus positif Covid-19 di Temanggung sebanyak 160 orang, 31 orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal,” tambahnya.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Antara Jateng

Comments
Loading...