Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Komunitas Santri Lomo Magelang Sumbang Ratusan Paket Sayuran Segar di Grobogan

MURIANEWS, Grobogan – Selain dari pemerintah, bantuan bagi warga yang terkena dampak pandemi Covid-19 di Grobogan juga datang dari berbagai kalangan. Salah satunya dari Komunitas Santri Lomo, Kabupaten Magelang.

Komunitas ini menyalurkan bantuan sayuran segar untuk warga di Desa Kapung, Kecamatan Tanggungharjo, Grobogan, Jumat (5/6/2020) lalu.

Sarbini, Ketua Komunitas Santri Lomo menyatakan, bantuan yang diberikan ada sebanyak 960 paket dalam kemasan kantong plastik. Adapun jenis sayuran yang dibagikan antara lain berupa tomat, kobis, sawi, kentang, wortel, buncis, loncang dan sledri.

”Ini pertama kalinya kami menyalurkan bantuan paket sayuran gratis di Kabupaten Grobogan. Bantuan itu semuanya dari kami dan bukan berasal dari Dana Desa, kades atau siapapun. Sebelumnya kami juga menyalurkan bantuan serupa di beberapa daerah lainnya,” katanya, Selasa (9/6/2020).

Santri Lomo merupakan sebuah komunitas yang terdiri 25 orang, atau dalam Bahasa Jawa yakni loro lan limo (dua dan lima), sementara lomo berarti dermawan.

Mereka ini bukan merupakan santri dari pondok pesantren, melainkan warga dari Dusun Tanggulangin, Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang.

Dijelaskan Sarbini, mayoritas warga di dusun tersebut bekerja sebagai petani sayuran. Oleh sebab itulah, Santri Lomo memilih mendonasikan sayur mayur bagi warga yang terdampak pandemi ini.

”Di tempat kami lebih mudah mengumpulkan donasi sayuran untuk selanjutnya disalurkan bagi mereka yang membutuhkan. Sekali lagi, bantuan paket sayuran itu kami berikan gratis,” terangnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...