Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Anggaran Normalisasi Sungai Juwana Tahap II Dibuat Multiyears

MURIANEWS, Pati – Normlaisasi Sungai Juwana tahap II yang dianggarkan mencapai Rp 96 miliar, sampai saat ini masih menunggu proses pelelangan. Padahal, rencana awal pengerjaan akan dilaksanakan pada Maret lalu.

Koordinator Normalisasi sungai Juwana pada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Amir Hadziq Fahmi saat dikonfirmasi mengatakan, sampai saat ini masih tahap lelang. Rencana waktu pelakasanannya pun belum jelas.

“Memang ada beberapa perubahan, termasuk waktu pelaksanannya. Mungkin Juli sudah dimulai. Tapi kalau kondisi seperti ini (pandemi Covid-19), belum tahu juga apakah akan berubah atau tetap,” jelasnya.

Kemudian, lanjut Fahmi, terjadi perubahan anggaran dalam normalisasi tersebut. Anggaran Rp 96 miliar yang dulunya diambilkan dari tahun ini, sudah mengalami perubahan. Anggaran tersebut ditanggung juga pada tahun 2021.

“Anggarannya multiyears. Jadi dalam pelaksanannya nanti, anggaran itu dibebankan pada APBN 2020 dan 2021. Kebijakan ini keluar setelah adanya Covid-19,” terangnya.

Dia juga menambahkan, panjang sungai yang akan dinormalisasi adalah 5,5 kilometer. Pengerjakan akan dimulai dari hulu ke hilir.

“Ini berbeda dengan normalisasi tahap pertama. Kalau dulu itu kan mulai dari hilir ke hulu sepanjang 2,5 kilometer. Kalau tahap dua ini dimulai dari hulu,” imbuhnya.

Dari pantauan lapangan, Fahmi juga mengaku tidak ada kendala yang berarti. Sebab, bagian hulu rata-rata kanan kirinya hanya areal persawahan, tidak ada bangunan warga.

“Kalaupun normalisasi ini dilaksanakan Juli, tentunya akan harus sesuai protokol kesehatan. Kita harus sosialisasi dulu,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...