Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Polisi di Polsek Gebog dan Bae Kudus Diswab, Diimbau Karantina Mandiri

MURIANEWS, Kudus – Seluruh polisi dari Polsek Gebog, Kudus menjalani tes swab, Senin (8/6/2020). Pemeriksaan serupa juga dilakukan untuk personel dari Polsek Bae, Kudus.

Pemeriksaan swab untuk puluhan orang itu dilakukan di markas Polsek Gebog. Total ada 41 orang yang menjalani pemeriksaan untuk mendeteksi adanya virus corona tersebut.

Mereka yang diswab, merupakan hasil tracing dari tim surveillance Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus usai sejumlah personel di dua polsek tersebut tanpa sengaja melakukan kontak dengan salah satu pasien positif corona.

Seluruh personel Polsek Gebog menjalani pemeriksaan ini. Sementara dari Polsek Bae ada beberapa personel yang diswab, hanya mereka yang tercatat memiliki kontak dengan pasien positif corona.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kudus dr Andini Aridewi menjelaskan, dari jumlah tersebut sebagian besar merupakan personel polsek.

Namun, ada juga dari hasil tracing kontak erat kasus positif lainnya. “Jadi campur, tak hanya dari personel kepolisian saja,” ucap dia Senin (8/6/2020).

Baca: Beredar Kabar Polsek Gebog Ditutup Karena Corona, Kapolsek Gebog: Tak Ada Penutupan, Semua Masih Jalan

Hasil swab tersebut, lanjutnya, dikirimkan ke lab uji di rumah sakit rujukan Covid-19 yang ditunjuk Balitbangkes.

Usai dilakukan uji swab, lanjut dia, mereka diminta untuk tertib melakukan karantina mandiri terlebih dahulu. Sembari menunggu hasil swab masing-masing orang keluar. “Anjurannya memang dilakukan karantina mandiri,” terangnya.

Andini menyebut, karantina mandiri cukup berbeda dengan isolasi mandiri. Karantina mandiri, masih memungkinkan orang untuk berinteraksi dengan warga di rumah, namun tetap menerapkan pshycal distancing.

Sementara untuk isolasi mandiri adalah benar-benar tidak berinteraksi. “Isolasi mandiri adalah untuk PDP dan pasien terkonfirmasi,” jelas dia.

Sebelumnya diberitakan, kabar ditutupnya Polsek Gebog sempat beredar di dunia maya karena sejumlah anggota melakukan kontak dengan pasien corona. Namun kabar tersebut dibantah Kapolsek Gebog AKP Sumanah.

Ia menegaskan, tidak ada penutupan maupun pelayanan di polsek tempatnya bertugas. Hanya, ia mengakui bakal ada uji swab kepada para personel hari ini.

Namun, hal tersebut tak lantas membuat Polsek Gebog ditutup. Menurutnya, pelayanan masih buka sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...