Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.

Tambah Satu Lagi, Kini Ada Tujuh Pasien Corona dari Klaster Puskesmas Kaliwungu Kudus

MURIANEWS, Kudus – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kudus kembali mencatat dua kasus positif corona baru di Kota Kretek pada Jumat (5/6/2020). Salah satunya berasal dari klaster Puskesmas Kaliwungu.

Sedangkan satu pasien tambahan lainnya merupakan pasien dari Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kudus dokter Andini Aridewi mengatakan, satu pasien tambahan dari kluster Puskesmas Kaliwungu adalah masyarakat biasa.

Yang bersangkutan, lanjut Andini merupakan seorang laki-laki berusia 47 tahun asal Desa Kedungdowo, Kecamatan Kaliwungu Kudus.

“Hasil swab pasien tersebut baru keluar hari ini dari RS Nasional Diponegoro Semarang,” ucap Andini Jumat (5/6/2020) petang.

Pasien pun mulai hari ini dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Loekmono Hadi, Kudus.

Sebelumnya sudah ada enam tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Kaliwungu, Kudus yang dinyatakan positif corona.

Dari hasil tracing terhadap ratusan kontak erat, kini satu orang lagi positif corona. Sehingga total ada tujuh orang tertular corona dari klaster Puskesmas Kaliwungu.

Sementara itu, satu pasien tambahan asal luar wilayah, yakni dari Kecamatan Jepara, Andini mengatakan jika yang bersangkutan merupakan seorang laki-laki dengan usia 29 tahun.

“Kini dirawat di Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus dengan penyakit penyerta,” jelasnya.

Baca: Nakes Positif Corona Kontak dengan Rekan Kerja, Puskesmas Kaliwungu Kudus Ditutup Sementara

Dengan bertambahnya dua kasus ini, Kabupaten Kudus kini mencatat ada sebanyak 67 kasus terkonfimasi corona. 46 di antaranya merupakan kasus dalam wilayah.

Dengan rincian, sebanyak delapan kasus dirawat, empat kasus diisolasi mandiri, 29 kasus sembuh dan lima kasus meninggal.

Sementara dari luar wilayah berjumlah 21 kasus. Dengan rincian lima kasus dirawat, 15 kasus sembuh, dan satu kasus meninggal dunia.

Sedangkan khusus untuk klaster Puskesmas Kaliwungu, kini jumlah kasus aktifnya berjumlah tujuh orang.

Enam di antaranya merupakan tenaga kesehatan. Satu lainnya adalah dari masyarakat.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.