Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

12 Tahun Menanti, Asmani Tak Jadi Berangkat Haji

MURIANEWS, Pati – Irham Asmani (75) duduk termenung bersama sang istri Ruqoyyah (70) di ruang tamu rumahnya sembari menatap lalu lalang kendaraan lewat. Sesekali, mereka mengejar ayam agar tidak masuk di lingkungan Musala depan rumahnya.

Berada di rumah tua dukuh Wonokerto, Desa Pasucen, Kecamatan Trangkil, Asmani tak henti-hentinya berdoa agar tahun ini dapat menunaikan ibadah haji di tanah suci. Berbagai persiapan pun sudah dilakukan. Jasmani maupun rohani.

Seragam yang sekiranya akan dikenakan saat pemberangkatan dari Kabupaten Pati, tersetrika rapi. Baju ihram setibanya di Makkah akan dikenakan, malah masih terbungkus dengan plastik. Semua sudah tertata rapi. Siap berangkat ke tanah suci.

Namun, 2 Juni lalu, Kementerian Agama mengabarkan bahwa pemberangkatan haji tahun ini ditunda. Hal itu lantaran pandemi global Covid-19 masih mewabah di berbagai negara.

Irham Asmani (kanan) menutup sebagian wajah untuk menyembunyikan kesedihannya saat ditemui di rumahnya. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

Mendengar berita itu, Asmani beserta istri pun tak bisa berbicara banyak. Terpaksa keberangkatannya untuk menunaikan rukun islam yang ke lima itu harus tertunda.

“Mau bagaimana lagi. Kalau ini memang keputusan pemerintah yang terbaik, ya kita mendukung,” katanya sembari menatap mata Ruqoyyah, Jumat (5/6/2020).

Dengan pengetahuan agamanya, dia juga menjelaskan, adanya penundaan pemberangkatan haji ini dikatakan belum istitoah atau belum mampu untuk menjalankan ibadah haji.

“Untuk apa saya pergi ke sana (Makkah) kalau nantinya di sana malah sakit, kan percuma,” tegarnya.

Setiap ada bimbingan haji, keduanya pun tak pernah absen untuk mengikuti. Hal itu saking semangatnya Asmani untuk bisa memenuhi panggilan Allah untuk beribadah di tanah suci.

“Manasik haji, menjaga kesehatan fisik dan lain sebagainya, sudah saya lakukan. Kalau keputusannya demikian, mau bagai mana lagi. Mudah mudahan ini yang terbaik bagi kita semua,” terangnya.

Bersama istri, dia pun meyakinkan diri untuk bisa mengikuti haji pada tahun berikutnya. Meskipun kepastiannya juga belum terkonfirmasi, lantara pandemi belum bisa diprediksi kapan berakhirnya.

“Semoga saya bersama istri diberikan umur panjang, sehingga bisa mengikuti haji pada tahun depan, insya Allah,” harapnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...