Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Protokol Kesehatan Tak Ditaati, Pasar Kliwon Kudus Ditutup Dua Hari

MURIANEWS, Kudus – Pasar Kliwon di Kabupaten Kudus bakal ditutup sementara selama dua hari mulai Jumat (5/6/2020) besok. Ini dilakukan lantaran masih banyaknya pedagang dan pengunjung yang bandel tak menaati protokol kesehatan.

Keputusan tersebut diperintahkan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo saat meninjau keadaan Pasar Kliwon pada Kamis (4/6/2020) siang.

Kepala Bidang Pengelolaan Pasar pada Dinas Perdagangan Kudus Albertus Harys Yunanto membenarkan hal ini. “Itu perintah dari beliau (Hartopo), ucapnya via telepon,” Kamis sore.

Harys menjelaskan, Hartopo sempat berkeliling pasar dan mengecek pedagang maupun pembeli yang ternyata didapati banyak yang tak tertib pakai masker. Banyak dari mereka pula, yang tak mematuhi pshycal distancing dan social distancing.

“Pertimbangan penutupannya adalah masih banyak yang tak patuhi protokol kesehatan di pasar,” ujarnya.

Padahal, lanjut Harys, tiap harinya, sebanyak 19 petugas keamanan dan penegak protokol kesehatan berkeliling dan menjaga setiap pintu masuk.

Namun kenyataannya masih banyak yang melanggar protokol itu saat sudah berada di dalam pasar.

Pihak keamanan, tambah dia, juga selalu melarang para pembeli yang tak menggunakan masker untuk masuk ke dalam pasar. Mereka juga disuruh putar balik untuk mengambil masker setelah itu.

“Ini akan kami evaluasi, akan kami tingkatkan kembali untuk penegakannya,” terangnya.

Pasar Kliwon sendiri, sesuai rencana akan dibuka kembali pada Minggu (7/6/2020). Namun, rencana pembukaan tersebut akan dievaluasi lagi.

“Apabila masih membandel dan seperti ini lagi, akan kami perpanjang penutupannya,” lanjutnya.

Selain itu, Harys juga hanya akan membuka pintu-pintu besar saja. Sedangkan pintu kecil di tiap blok akan ditutup.

Baca: Pedagang Pasar Kliwon Asal Jepara Positif Corona, Meninggal di Rumah Sakit

Total pintu besar di pasar itu, katanya, ada sekitar enam pintu. Yakni masing-masing dua pintu di utara dan selatan, serta masing-masing satu pintu di timur dan barat.

“Kami juga mengharapkan kerja sama dari pedagang untuk tidak melayani pembeli yang tak pakai masker,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...