Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Surat-Surat Ini Perlu Disiapkan Jika Tak Ingin Diputar Balik di Rembang

MURIANEWS, Rembang – Petugas gabungan Polri, TNI dan Dishub kembali memperketat penyekatan arus balik di wilayah perbatasan Jateng-Jatim di Rembang, Selasa (2/6/2020) malam hingga Rabu (3/6/2020) dini hari. Hasilnya, sejumlah mobil pribadi dan bus yang menuju Jakarta dipaksa putar balik.

Tindakan tegas ini diambil lantaran para penumpang dalam kendaraan-kendaraan itu tak bisa menunjukkan surat-surat yang diperlukan agar bisa melintas masuk ke wilayah Jateng.

Lalu surat-surat apa saja harus dipersiapkan agar bisa melintas?. Kabag Ops Polres Rembang Kompol Johan Setiajid yang mewakili Kapolres Rembang AKBP Dolly A Primanto menjelaskan tentang hal ini.

Ia menyebut, surat-surat yang diperlukan agar pemudik bisa melintas Rembang untuk kembali ke perantauan terutama di Jakarta yakni Surat Izin Keluar Masuk (SIKM), surat jalan dan surat keterangan sehat atau surat tidak terpapar corona.

”Kita semua periksa SIKM, surat jalan dan surat sehat bagi warga yang menggunakan kendaraan, dengan tujuan ke Rembang,” katanya.

Petugas gabungan menghentikan bus AKAP yang membawa pemudik menuju Jakarta. (MURIANEWS/dok Polres Rembang)

SIKM didapatkan dengan mendapaftarkan secara online di situs corona.jakarta.go.id dengan menyertakan beberapa dokumen. Di antaranya surat keterangan dari desa, surat keterangan dari tempat kerja, surat jaminan dari keluarga atau tempat kerja di Jakarta.

Kemudian surat jalan didapatkan dari Gugus Tugas Penanganan dan Percepatan Covid-19 di daerahnya berasal. Dan surat keterangan sehat dari fasilitas kesehatan yang menyatakan tidak terpapar Covid-19.

Jika surat-surat ini dilengkapi, maka pengendara bisa melintas untuk menuju ke tempat perantauan. Namun jika tidak, petugas gabungan akan memerintahkan untuk putar balik dan kembali ke tempat asalnya.

Baca: Hendak Keluar Kota, Warga Jepara Wajib Kantongi Surat Jalan dari Ketua GTPP, Ini Syaratnya

Hal ini seperti yang dialami sejumlah kendaraan berpelat nomor B yang berasal dari Madura dan Surabaya yang hendak menuju ke Jakarta. Kendaraan-kendaraan itu semalam terjaring penyekatan tim gabungan di Rembang dan diperintahkan untuk putar balik.

Termasuk bus antarkota antarprovinsi (AKAP) milik PO Haryanto asal Madura arah Jakarta. Bus ini mengangkut 16 penumpang yang tak bisa menunjukkan surat-surat kelengkapan.

“Malam tadi petugas menghentikan bus yang nekat melintas karena tidak ada kelengkapan dokumen. Kami minta putar balik,” ujarnya.

Upaya ini menurut dia, dilakukan untuk memutus penyebaran Covid-19. Penyekatan juga akan digencarkan di jalur-jalur alternatif dan jalur tikus, lantaran banyak pemudik yang kucing-kucingan dengan petugas.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...